Kota Wisata Dipercantik, Konsep Peta Dikembangkan

Pemkot Batu tahun ini memiliki konsep besar mengubah peta wilayah yang selama ini dipakai untuk menjelaskan secara global posisi kota wisata ini. Alasannya, peta yang ada saat ini dinilai terlalu berskala kecil, sehingga potensi wilayah tidak terlihat secara jelas. Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Batu, Drs Bambang Wahyudi, mengatakan peta Kota Batu yang ada saat ini berskala 1 : 25.000. Rencananya, peta Kota Batu nanti akan diubah dengan skala 1 : 1.000.

“Pengubahan peta ini terkait langsung dengan konsep pembangunan Batu ke depan. Kami berencana membenahi wajah kota menjadi menarik agar pantas merepresentasikan Batu sebagai kota wisata,” kata Bambang Wahyudi, Selasa (4/11).

Dengan peta berskala lebih besar, lanjutnya, masyarakat khususnya wisatawan diharapkan mampu melihat secara jelas apa saja potensi yang dimiliki Batu saat ini. Garis peta yang menunjukkan potensi Batu dan proyeksi pembangunan ke depan juga akan diperlihatkan secara jelas.

“Dengan peta yang baru nanti, potensi Kota Batu yang belum tergarap secara maksimal juga akan terlihat secara jelas. Dari peta itu kami berharap akan ada arah pembangunan yang benar-benar realistis sesuai proyeksi pembangunan yang direncanakan,” beber Bambang.

Konsep perubahan peta ini mulai diimbangi dengan rencana pembenahan tata wajah kota dimulai dari penataan kawasan alun-alun. Saat ini, Pemkot Batu mulai gencar mempercantik semua fasilitas umum dan pemerintahan seperti yang dilakukan di halaman Pemkot Batu saat ini.

Kepala Dinas Permukiman dan Bina Marga Pemkot Batu, Ir Budi Santoso MS menambahkan pembenahan tata wajah Kota Batu akan diprogramkan secara bertahap mulai APBD 2009. “Kami akan merealisasi perombakan wajah Alun-alun Kota Batu sesuai konsep yang tertera dalam visi-misi Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko,” jelas pria yang akrab disapa Tosi ini.

Selain membenahi tampilan wajah Alun-alun dengan penataan dan penambahan berbagai asesoris menarik, pihaknya juga akan merombak total sistem drainase di kawasan ini,” pungkas Tosi. (st25/surya)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Pariwisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s