SKPD Batu Berlomba Habiskan Sisa APBD

Di pengujung tahun anggaran 2008, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berlomba-lomba menghabiskan anggaran. Mereka diinstruksikan mencairkan sisa anggaran di Kantor Kasda yang belum terpakai untuk realisasi program kerja. Wakil Wali Kota Batu, H A Budiono, mengatakan para kepala SKPD diminta segera mencairkan anggaran untuk program kerja periode November-Desember. Langkah ini dilakukan agar sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) tahun ini tidak sebesar tahun sebelumnya yang mengindikasikan banyak program kerja yang tidak berjalan.

“Kami meminta agar 15 Desember nanti semua anggaran program kerja sudah dicairkan. Berikutnya, SKPD harus mulai bersiap-siap membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan,” ujar Budiono di depan para karyawan Pemkot Batu saat memimpin apel pagi, Senin (3/11).

Dia tambahkan, dengan percepatan realisasi program kerja tahun ini diharapkan perumusan RAPBD 2009 bisa dikerjakan dengan cepat. “Kami menargetkan APBD 2009 nanti bisa disahkan tepat waktu pada Januari 2009,” beber Budiono.

Saat ini, realisasi anggaran program kerja di semua SKPD Pemkot Batu baru terserap 70 persen dari total APBD 2008 sebesar Rp 365 miliar. Pemkot berharap jumlah silpa APBD 2008 tidak sebesar tahun lalu yang mencapai Rp 51 miliar dengan Rp 12 miliar di antaranya diduga raib dan masih diselidiki Kejari Batu lantaran dicairkan tanpa ada peruntukan yang jelas. (st25/surya)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s