Terjebak dalam Perang Sipil di Kurdistan, TKW Asal Malang Berhasil Dipulangkan

Departemen Luar Negeri berhasil memulangkan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) asal Malang, Mistiari, yang bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Kurdistan, Irak.

Menurut keterangan resmi dari Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Deplu (BNP2TKI) di Jakarta, Mistiari diserahkan kepada pihak keluarga pada Selasa sore.

Mistiari, TKW asal Desa Kademangan, Pagelaran, Kabupaten Malang, yang dikabarkan disekap di Irak, sebetulnya telah direncanakan untuk dipulangkan ke Indonesia pada September 2008. Namun, karena pada saat itu yang bersangkutan menderita sakit maka pemulangan baru dapat dilaksanakan pada awal November 2008.

Sejauh ini, Deplu telah berhasil memulangkan 10 orang TKW yang terjebak di zona perang di wilayah Kurdistan, Irak.

Para WNI tersebut adalah TKW yang dikirim ke Irak oleh beberapa PJTKI yang tidak bertanggung jawab dengan negara tujuan awal di beberapa negara Timur Tengah antara lain Abu Dhabi, Dubai, Jordania dan juga Syria.

Deplu telah menyampaikan kepada pihak keluarga TKW yang terjebak bahwa upaya perlindungan sudah dan akan tetap terus dilakukan walaupun kondisi keamanan yang kurang mendukung. Dalam proses evakuasi, seluruh WNI (TKW) dan sikap beberapa TKW yang memang tidak berkeinginan untuk dipulangkan ke Indonesia.

Agaknya tidak hanya Mistiari yang nasibnya tak menentu di Irak. Muhammad Cholily, Ketua DPW SBMI Jatim, mengatakan, saat ini ada 300-an TKI terjebak di zona konflik Irak. “Indonesia belum punya payung hukum yang sifatnya melindungi TKI. Perda Nomor 2 Tahun 2004 justru terkesan mengeksploitasi TKI. Perda ini harus dicabut karena juga memberi peluang praktik percaloan hingga perdagangan orang,” ujarnya.

Lembaga terkait dengan hal itu adalah BNP2TKI untuk di tingkat pusat, dan BP2TKI (UPTD yang bernaung di bawah Disnaker Jatim). Dua lembaga itu dan aturan yang ada selama ini hanya mengatur mekanisme penempatan TKI. Menurut Cholily tidak ada mekanisme perlindungan TKI. “aturan yang ada selama ini hanya mengatur mekanisme penempatan TKI”, ujarnya.
(mr/antara-kompas)

Iklan

1 Komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang Raya

One response to “Terjebak dalam Perang Sipil di Kurdistan, TKW Asal Malang Berhasil Dipulangkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s