DPRD Segera Panggil Diknas dan BKD untuk Bicarakan GTT/PTT

Puluhan GTT/PTT Kabupaten Malang saat menggelar long march menuju  Gedung Dewan beberapa waktu lalu. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Puluhan GTT/PTT Kabupaten Malang saat menggelar long march menuju Gedung Dewan beberapa waktu lalu. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Masih terkatungnya nasib ribuan GTT/PTT (Guru Tidak Tetap/Pegawai Tidak Tetap) Kabupaten Malang segera ditindaklanjuti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang. Pertengahan November 2008 nanti, Dewan bersama Dinas Pendidikan dan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang berkumpul untuk membahas masalah itu.

Sekretaris Komisi A H. Syamsul Hadi, BA mengatakan, pertemuan itu digelar untuk mengupayakan keluarnya SK Bupati soal pengangkatan GTT/PTT menjadi Guru Bantu (GB). Menurut Syamsul, dengan menyandang status GB, maka gaji mereka bakal dibayar melalui APBD atau APBN.

“Memang, sekarang Pemda tidak boleh mengangkat Honorer Daerah, namun ini sebagai persiapan 2009 nanti, saat Honda habis. Apalagi tahun 2010 nanti banyak Kepala Sekolah dan Guru yang pensiun,” kata pria berjanggut itu.

Syamsul yakin, selepas tahun 2010, Pemkab Malang bakal kekurangan tenaga pendidik. Disisi lain, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara memberi syarat bahwa GTT/PTT harus diakui oleh Pemkab Malang. Sedangkan bentuk pengakuan tersebut hanya bisa diwujudkan melalui SK.

“Bupati tidak salah, memang GTT/PTT itu telah mengabdi sejak 14 hingga 15 tahun lalu. Sedangkan Bupati baru menjabat sekarang, nasib GTT/PTT harus tetap diperhatikan,” ujarnya.

Menurut Syamsul, hearing tersebut bakal melibatkan perwakilan GTT/PTT Kabupaten Malang. Disinggung soal perekrutan GB yang disinyalir lewat politik uang, Syamsul mengaku belum menemukan bukti. Hanya saja, dia telah mendapat laporan dari beberapa GTT/PTT yang pernah mendapat tawaran masuk data base.

“Mereka ditawari bayar Rp 2 Juta agar masuk database, tapi ini tidak ada buktinya. GTT dan Dewan masih mencari bukti, saya pikir ini bisa dilakukan oleh Kepala Sekolah, UPTD dan orang-orang di struktural Dinas Pendidikan,” pungkasnya.(ary/eno)(Ary Wicaksono/malangpost)

1 Komentar

Filed under Kabupaten Malang

One response to “DPRD Segera Panggil Diknas dan BKD untuk Bicarakan GTT/PTT

  1. agung

    terus berjuang kawan-kawan , semoga berhasil gtt/ptt Salatiga segera menyusul !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s