Garuda Uji Coba Terbang Lintasi Rute Malang-Jakarta

Keinginan manajemen Garuda Indonesia Airways (GIA) untuk membuka jalur Malang-Jakarta melalui Bandara Abdulrachman Saleh tampaknya segera terwujud. Ini seiring dengan adanya pemberian izin uji coba dari Dirjen Perhubungan Dephub RI bagi GIA untuk menjajal rute Malang-Jakarta. “Uji coba ini rencananya selama satu bulan,” ujar Kadishubkominfo Pemkab Malang Soefiyanto, ketika diwawancarai kemarin.

Izin uji coba GIA sebenarnya ada dua rute. Satu rute Malang-Jakarta dan Jakarta-Pangkalpinang. Izin tersebut diberikan sebagai gambaran pembuatan master plan terkait layak tidaknya pembukaan rute baru tersebut. Apabila praktik di lapangan nanti menguntungkan, maka pengajuan izin pembukaan rute Malang-Jakarta akan langsung dikeluarkan oleh Dephub. Demikian sebaliknya, apabila tidak menguntungkan, kemungkinan GIA akan batal beroperasi di Bandara Abdulrachman Saleh.

Soefiyanto menambahkan, rencananya GIA nantinya akan menggunakan jenis pesawat Boeing 737 seri 200 dengan kapasitas 125 penumpang. Kapasitas pesawat tersebut sama dengan pesawat yang digunakan untuk maskapai Sriwijaya Air yang kini telah beroperasi di Bandara Abdulrachman Saleh. “Kami berharap masa uji coba ini segera dimanfaatkan oleh pihak Garuda,” katanya.

Dengan beroperasinya GIA, tentunya akan memberikan kemudahan bagi warga Malang yang menginginkan menempuh perjalan melalui jalur udara. Sebab, saat ini yang beroperasi di Bandara Abdulrachman Saleh hanya satu maskapai, yakni Sriwijaya Air. Masuknya GIA tentunya akan mempercepat perkembangan Bandara Abdulrachman Saleh menjadi bandara sekelas nasional dan menciptakan persaingan baru.

Sementara itu, supervisor GIA di Malang, Kemas Nomadiar mengatakan, pihaknya belum mengetahui adanya izin uji coba pembukaan rute Malang-Jakarta dari Dirjen Perhubungan. “Mungkin izin tersebut disampaikan ke pimpinan yang ada di pusat Jakarta,” ucapnya.

Kemas menegaskan, pihaknya memang telah mengajukan izin membuka rute Malang-Jakarta melalui Bandara Abdulrachman Saleh sejak 2005. Namun hingga saat ini izin tersebut belum dikeluarkan oleh Dephub. “Kalau memang ada izin uji coba, kami akan telusuri. Jika benar, tentunya segera direalisasikan. Karena itu yang memang kami harapkan,” tegasnya. (gus/ziz/radarmalang)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang, Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s