Hanya Kota Batu yang tidak memiliki TPS khusus

Panwas Pilgub Kota Batu menyayangkan keputusan KPU Kota Batu yang tidak mendirikan TPS khusus bagi tahanan yang ada di Polres dan pasien di rumah sakit. Dari 38 kota dan kabupaten se Jawa Timur, hanya di Kota Batu yang tidak memiliki TPS khusus.

Padahal, beberapa waktu lalu, Ketua KPU Kota Batu, Mahfud sudah menegaskan akan menambah TPS khusus bagi tahanan di Polres Batu dan melayani para pasien di RS. Tapi, pada pelaksanaan Pilgub putaran kedua tidak ada TPS khusus.

“Sejak awal kami sudah mengingatkan KPU untuk membentuk TPS khusus. Karena hanya di Kota Batu saja yang tidak memiliki TPS khusus, padahal Batu memiliki Polres, Polsek dan juga beberapa rumah sakit,” kata Ketua Panwas Pilgub Kota Batu, AKP Budi Winarto kepada Malang Post, kemarin.

Dari hasil pantauan Panwas ke beberapa rumah sakit yang ada di Kota Batu, di RS. Baptis contohnya, setiap harinya tidak kurang dari 80 pasien dewasa yang memeriksakan kesehatannya di RS. Belum lagi jumlah keluarga yang mendampinginya. Jika hal itu tidak mendapatkan layanan jemput bola dari TPS khusus, mereka tidak akan menggunakan hak pilihnya.

Belum lagi untuk keamanan tahanan yang harus dibawa keluar ke TPS yang berada di luar Polres atau Polsek, untuk menggunakan hak pilihnya. Kalau ada TPS khusus, mereka tidak harus keluar dari Polres, TPS khusus yang akan mendatanginya.

“Kami tidak tahu alasannya mengapa KPU tidak mau membentuk TPS khusus,” ungkapnya.
Dikonfirmasi hal ini, Ketua KPU Kota Batu, Mahfud menegaskan TPS khusus yang keliling ke RS dan Polres tidak efektif. KPU memutuskan menunjuk tiga TPS yang ada di Kota Batu untuk memberikan layanan khusus kepada tahanan di Polres Batu, pasien yang ada di RS.

Ketiga TPS itu, TPS 16 di Kelurahan Ngagglik untuk melayani pasien yang ada di RS Paru, TPS 01 di Desa Tlekung untuk melayani pasien di RS. Baptis dan TPS 04 di Desa Junrejo untuk melayani tahanan Polres Batu.

“Setelah TPS sepi, petugas KPPS di TPS yang telah ditunjuk sebagai TPS khusus dapat mendatangi Polres atau RS untuk memberikan pelayanan khusus kepada pasien dan tahanan. Dengan penunjukan tiga TPS dapat lebih efektif,” tandasnya. (aim) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s