Ka-ji Menang Tipis Dalam Hasil penghitungan suara di Kota Malang

Anggota PPK Lowokwaru menghitung ulang hasil perolehan suara di Kecamatan Lowokwaru, siang kemarin. (NOER ADINDA ZAENI/MALANG POST)

Anggota PPK Lowokwaru menghitung ulang hasil perolehan suara di Kecamatan Lowokwaru, siang kemarin. (NOER ADINDA ZAENI/MALANG POST)

Hasil penghitungan suara di Kota Malang antara pasangan calon Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (Kaji) dengan pasangan calon Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) hanya terpaut tipis. Pasangan Kaji mendapat suara 50,87 persen, sedangkan pasangan Karsa 49,13 persen.

Secara rinci, pasangan Kaji mendapat 150.973 suara dari lima kecamatan yang ada di Kota Malang. Pasangan nomor satu ini unggul di tiga kecamatan, yakni Klojen, Sukun dan Kedungkandang. Di Klojen, Kaji berhasil mengumpulkan suara sebanyak 20.936, di Kedungkandang 31.862 dan di Sukun 38.701. Sedangkan pasangan Karsa mendapat 145.819 suara. Pasangan ini hanya unggul di dua kecamatan, yakni Lowokwaru dengan angka 28.418 dan Blimbing 34.402. Secara keseluruhan, selisih angka Karsa hanya 5.154 suara dari pasangan Kaji.

Dibandingkan dua kecamatan lainnya, pasangan Kaji mendapat suara yang cukup fantastis di daerah Sukun, yang selisih angkanya cukup jauh, yakni hingga 5.724 suara. Perolehan suara di Sukun inilah yang membuat Kaji unggul dibanding Karsa, karena di dua kecamatan lainnya, selisih angka tidak jauh dengan perolehan suara yang dimiliki Karsa di Lowokwaru dan Blimbing.

Ketua KPU Kota Malang, Hendry ST MT mengatakan, hasil penghitungan suara yang telah dilakukan PPK di Kota Malang ini paling lambat sampai di kantor KPU hari ini. KPU akan segera memproses hasil penghitungan suara, sehingga hasilnya bisa segera disetorkan ke KPU Jatim pad Sabtu (8/11).

“Kalau sesuai jadwal, proses penghitungan di tingkat kecamatan berlangsung 5-7 November, kemudian dilanjutkan di tingkat KPU kota/kabupaten 8-10 November. Tetapi kalau semuanya bisa diselesaikan dengan cepat, maka secepatnya juga akan kami kirimkan hasilnya ke KPU Jatim. Dengan begitu tuntas sudah kerja kita untuk putaran kedua,” ujar Hendry pada Malang Post.

Sementara itu melihat jumlah total pemilih di Kota Malang yang menggunakan hak pilihnya, tercatat jumlah golput untuk putaran kedua ini mencapai angka 45,30 persen. Besarnya jumlah golput yang mendekati angka 50 persen ini sudah bisa diprediksi sejak hari pemungutan suara berlangsung. Pasalnya saat itu, hingga mendekati jam 13.00, atau waktu pencoblosan ditutup, hampir separuh pemilih yang belum datang ke TPS untuk mencoblos. (nda/udi) (Adinda Zaeni/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s