CKNet Bahas Pengelolaan Air

Dialog Air dan Sanitasi di Unmer, dari kiri Ir Gunawan Wibisono, bersama para pejabat pemerintahan se Malang Raya (Lailatul Rosida/Malang Post)

Dialog Air dan Sanitasi di Unmer, dari kiri Ir Gunawan Wibisono, bersama para pejabat pemerintahan se Malang Raya (Lailatul Rosida/Malang Post)

Masih belum maksimalnya pengelolaan sumber daya air menjadi pokok garapan Colaborative Knowledge Network Indonesia (CKNet). Di Malang raya khususnya, pada umumnya banyak sumber air yang menurun debitnya dan mulai menghilang. Karena itulah perlu ada pemahaman lebih luas kepada para aparatur terkait sehingga bisa menetapkan langkah yang tepat untuk menanggulanginya.

Menurut Pakar Air dan Sanitasi Universitas Merdeka Malang, Ir Gunawan Wibisono Dipl SE PHd, melalui program lokakarya yang digelar CKNet ini, diharapkan bisa merubah mindset para aparatur pemerintahan mengenai pengelolaan air. Lebih luas lagi tentu bisa disosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Jika perlu kesadaran soal pengolahan air dan sanitasi ini bisa ditularkan kepada masyarakat di mulai dari tingkat keluarahan. Daripada bingung mengelola blockgrant kelurahan, lebih baik 10 atau 20 persennya dipergunakan untuk blockgrant sanitasi ini,” ungkap Gunawan yang juga anggota CKNet.

CKNet merupakan jaringan kolaborasi ilmu pengetahuan yang terdiri dari 10 universitas di Indonesia. Di Malang ada Unmer Malang, di Bandung ada ITB, di Jakarta ada Universitas Bina Nusantara (Binus), di Padang ada Universitas Andalas, di Surabaya ada Institut Teknologi Sepuluh November, dan beberapa lainnya.

Melalui program lokakarya ini diharapkan minimal ada kesadaran masyarakat masalah sanitasi. Sesuai dengan target dari Millenium DeVelopment Goals (MDGS) mengisyaratkan agar masalah IPAL 70 persen sudah dipenuhi. Sebab selama ini, pengelolaan air limbah belum mendapatkan perhatian serius di masyarakat.

“Kalau sekarang ada PDAM, kenapa tidak ada perusahaan daerah air limbah,” ungkapnya. (oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Malang

One response to “CKNet Bahas Pengelolaan Air

  1. Oke banget lokakarya tentang pengelolaan air yang dilaksanakan di Malang oleh Pak Gunawan Wibisono, saya amat mendukung program tersebut, bahwa krisis ketersediaan air, sanitasi yang buruk hal ini seharusnya sudah menjadi tanggungjawab banyak pihak, dan masyarakat perlu didorong untuk ikut juga melaksanakan pengelolaan air dan sanitasi lingkungan dengan memberi dana stimulan dari pemerintah dan harapannya akan ada pergerakan sendiri dari masyarakat kita. semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s