Klub Bunga Kembalikan Taman Sultan Agung

Taman Sultan Agung yang dikembalikan  Klub Bunga kepada Pemkot Batu melalui DKP, kini sudah kembali hijau. (MUHAIMIN/MALANG POST)

Taman Sultan Agung yang dikembalikan Klub Bunga kepada Pemkot Batu melalui DKP, kini sudah kembali hijau. (MUHAIMIN/MALANG POST)

Sebagian taman jalan Sultan Agung yang dikelola Klub Bunga Butik & Resort Batu dikembalikan lagi kepada Pemkot Batu melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batu. Pengembalian pengelolaan taman itu diserahkan pada Oktober 2008 lalu.

Dengan pengembalian pengelolaan taman itu, papan iklan Klub Bunga dan grupnya yang berada diareal taman Sultan Agung akan segera dibongkar atau dipindahkan. Hanya saja, sementara ini masih dibiarkan terlebih dahulu sampai ada ganti ornamen yang akan dipasang Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

“Kami sudah menerima pengembalian taman yang dikelola Klub Bunga pada bulan lalu. Mulai bulan lalu, perawatan dan pengelolaanya berada sepenuhnya di Pemkot Batu,” kata Kadis DKP Kota Batu, Wiwik Sukesi kepada Malang Post, kemarin.

Saat dikelola dan dirawat Klub Bunga, taman tersebut sempat tidak terurus. Banyak tanaman yang kering dan dibiarkan begitu saja, hingga terlihat tandus. Padahal, taman lainnya yang ada di jalan Sultan Agung yang dirawat DKP tumbuh subur dan terawat dengan baik.

Kini, perawatan taman di sepanjang jalan Sultan Agung menjadi kewenangan DKP mulai dari pertigaan jalan Imam Bonjol hingga ujung jalan Sultan Agung di pertinaan jalan Abdul Gani atas.

“Pihak Klub Bunga sebenarnya sudah mau membongkar papan reklame yang ada di taman. Tapi, kami meminta untuk tidak dibongkar dulu. Agar tidak merusak pemandangan di taman. Tetap nantinya akan kami bongkar,” ungkapnya.

Penambahan taman kota, juga menambah banyak biaya perawatannya. Pada tahun 2009, DKP mengajukan biaya perawatan yang lebih besar hingga 200 persen lebih dari tahun 2008. Tahun 2008, biaya perawatan mencapai Rp 300 juta lebih. Pada tahun 2009 mendatang, DKP menganggarkan dana perawatan hingga Rp 800 juta lebih.

Selain tambahan taman Sultan Agung, DKP juga tengah membangun beberapa taman kota dari dana APBD 2008 yang saat ini tengah di kerjakan, antara lain di Gabes Kecamatan Bumiaji, jalan Dewi Sartika, pertigaan Jatim Park, jalan Kasiman dan lainnya.

“Usulan tahun 2009 belum ditetapkan. Masih akan dibahas dalam RAPBD 2009 mendatang,” tandasnya. (aim) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s