Malang Raya Butuh Perusahaan Daerah Air Limbah

Kewajiban pemerintah se-Malang Raya bukan hanya menyediakan air bersih untuk kepentingan minum dan keperluan sehari-hari warganya. Tugas berat penguasa tiga wilayah yang berkaitan dengan air adalah wajib menyediakan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Hingga saat ini, cakupan pengelolaan air limbah yang disediakan ketika pemda itu tidak lebih dari 3 persen.

Sesuai Millenium Development Goals (MDGs)- perjanjian 147 negara di dunia-hingga 2015 mendatang, cakupan pelayanan IPAL harus mencapai 70 persen dari kebutuhan masyarakat. Ketentuan itu menjadi diskusi hangat dalam koordinasi tiga pemda se-Malang Raya dengan CKNet (collaborative knowledge network) di Unmer Malang, kemarin. CKnet adalah sebuah jaringan kerja sama ilmu pengetahuan yang terdiri dari 10 perguruan tinggi di Indoneia.

“Kalau saat ini masyarakat masih membuang limbah rumah tangganya langsung ke saluran yang bermuara ke sungai, itu tidak betul. Sebab, pemerintah punya kewajiban menyediakan IPAL,” ungkap Gunawan Wibisono PhD, pakar air dan sanitasi CKnet.

Menurut Gunawan, pemerintah daerah memang wajib mengembangkan cakupan pelayanan air bersih hingga 80 persen pada 2015 mendatang. Namun, air yang telah terpakai oleh masyarakat juga harus diolah agar tidak membahayakan lingkungan.

Gampangnya, kalau air bersih pemda punya PDAM, untuk mengolah air limbah, pemda juga perlu untuk mendirikan PDAL (perusahaan daerah air limbah). “Untuk air limbah itu memang harus ada yang mengurusinya secara khusus,” ungkap dosen Unmer ini.

Limbah cair rumah tangga diarahkan pada saluran khusus yang mengarah ke IPAL. Dalam IPAL, ada proses untuk menurunkan kadar COD dan kandungan terlarut lainnya. Setelah itu, baru dibuang ke sungai. “Khusus untuk limbah padat, perusahaan sedot WC itu wajib membuang sampahnya ke IPAL yang telah dibangun di LPA Supit Urang. “Untuk pengelolaan limbah cair, masih jauh. Itu yang jadi pekerjaan utama pemda untuk menjaga kualitas air sungai dan lingkungan,” katanya. (yos/lia/radarmalang)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang Raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s