Lemlit UMM Pamerkan Hasil Riset Dosen

Pameran eksibisi yang diawali dengan Semianr Internasional di UMM, kemarin. (MUFLIKH FARID/MALANG POST)

Pameran eksibisi yang diawali dengan Semianr Internasional di UMM, kemarin. (MUFLIKH FARID/MALANG POST)

Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar agenda internasional seminar dan pameran. Dalam pameran eksibisi yang akan digelar hari ini, akan ditampilkan berbagai temuan hasil riset dosen dari seluruh Indonesia. Targetnya, dari pameran itu ada investor yang tertarik untuk mengkomersialkannya.

“Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan beragam temuan hasil riset dosen. Untuk itu kami mengundang para investor internasional dengan harapan bisa tertarik dengan temuan tersebut dan kemudian mengkomersilkannya,” ungkap Staf Khusus Lemlit UMM, Indah Prihartini kepada Malang Post, kemarin.

Menurutnya, UMM memiliki banyak link baik dengan industri maupun lembaga lainnya. Potensi yang dimiliki UMM itulah yang akan ditawarkan, sehingga bisa terjalin kerja sama baru antara industri yang tertarik dengan hasil riset para dosen itu. Untuk pameran ini, UMM akan menampilkan beberapa hasil riset terutama yang sudah dipatenkan. Setidaknya ada 30 hasil penelitian yang sudah diproduksi. Produk yang ditampilkan seperti produk bioteknologi, jamur bioteknologi, dan sari apel hasil produksi Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UMM dan masyarakat.

Sementara itu, jelang even eksebisi hari ini, kemarin digelar seminar internasional yang menghadirkan para pembicara berlevel internasional. Ada Prof Dr Laode M Kamaluddin, Ir Willem Maskant dari Belanda, dan beberapa pembicara lainnya.

Dalam paparannya, Laode mengupas tentang pelaksanaan aplikasi program penangkapan dan pembakaran gas metan di tempat pembuangan akhir. Sehingga menjadikan sampah sebagai sumber pendapatan rupiah baru bagi pemerintah daerah. Hadir pula dalam pembukaan, wakil wali kota Malang Bambang PU. Di sela seminar, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan laboratorium gas metan di TPA Supit Urang Kota Malang. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s