Tingkatkan Aplikasi Riset, UMM Gandeng AS dan Korsel

Rendahnya aplikasi hasil riset di kalangan dosen, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berupaya aktif menjalin kerja sama dengan instansi khususnya perusahaan di luar negeri.

Setelah berhasil menggandeng pemerintah Belanda terkait pembuatan gas metan di TPA Supit Urang, Kota Malang, UMM kini sedang menjajaki penerapan riset dosen UMM dengan perusahaan di Amerika Serikat (AS) terkait pemanfaatan bakteri limbah. Selain itu, juga dijajaki dengan perusahaan di Korea Selatan (Korsel) terkait budi daya tanaman jarak tahan kering untuk pembuatan alternatif BBM.

Wakil Ketua Lembaga Penelitian UMM Maftucah mengatakan, rendahnya penggunaan riset dosen ini tidak terlepas dari minimnya jaringan yang ada di UMM. “Dampaknya, hasil karya penelitian para dosen masih belum dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat atau perusahaan,” ujar Maftucah, di sela International Research Seminar and Exhibition 2008 di Dome UMM, kemarin.

Dalam seminar itu, mendatangkan dua pemateri yakni Ir Wim Maaskant, director of BGP Enginee, Uden-Nederland dan Prof Dr Laode Kamaluddin, Msc, direktur CEERD UMM.

Adanya seminar itu, kata Maftuchah, pihaknya berharap bisa membuka hubungan kerjasama baru dengan instansi lain. Dengan demikian bisa memanfaatkan hasil penelitian yang dihasilkan di UMM. Apalagi dalam setahun ini, riset yang dihasilkan dosen UMM sekitar 120 judul. Namun, hanya 10 persen yang berhasil dimanfaatkan. “Ini tentunya memprihatinkan. Sebab, anggaran yang digunakan untuk riset itu mencapai miliaran,” tuturnya.

Khusus kerjasama dengan Korsel, UMM nantinya akan mencoba pengembangan tanaman jarak untuk pembuatan alternatif energi. Karena manfaatnya ternyata sungguh luar biasa. Mulai dari tanamannya hingga bijinya semuanya bisa digunakan untuk bahan bakar, salah satunya briket. “Kami rasa pengembangan tanaman jarak ini sangat prospektif,” tegasnya. (gus/lia/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s