DPRD Prioritaskan Ranperda Anggaran

DPRD Kota Malang sudah menerima sembilan ranperda baru dari Pemkot. Namun dari sembilan ranperda itu, pembahasan dua ranperda yang masuk skala prioritas wakil rakyat.

Ketua DPRD Kota Malang, Drs Ec RB Priyatmoko Oetomo MM menjelaskan, ranperda yang masuk skala prioritas pembahasan dewan yakni ranperda Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dan ranperda Kebijakan Umum Anggaran (KUA).

“Dua ranperda ini diprioritaskan karena berkaitan langsung dengan pembahasan RAPBD 2009. Selain itu, ranperda lainnya yang terkait pembahasan RAPBD tahun 2009 juga menjadi prioritas kami,” jelas Moko,sapaan akrabnya, kepada Malang Post.

Politisi yang akrab dengan wartawan ini menambahkan bahwa kedua ranperda itu penting dibahas karena dibutuhkan sebagai salah satu dasar hukum pembahasan ranperda APBD 2009. “Namun demikian, bukan berarti kami tidak memprioritaskan ranperda lainnya. Ranperda lain yang sudah disampaikan pemkot akan kami bahas,” katanya.

Dari sembilan ranperda yang sudah sampai di meja pimpinan dewan, selain PPAS dan KUA yakni, ranperda tentang sistem pendidikan, ranperda poltek, ranperda RPJM, ranperda tentang struktur organisasi BNK dan ranperda SIUJK.

Dijelaskannya, untuk membahas ranperda lainnya selain yang berkaitan dengan RAPBD membutuhkan waktu yang cukup banyak. Ini karena harus melalui sejumlah tahapan, misalnya harusnya melakukan kajian akademik, studi banding dan berbagai pembahasan lainnya.

“Untuk pembahasan ranperda yang masuk skala prioritas kami akan segera menjadwalkan panmus untuk membahas waktu pembahasannya,” kata dia sembari memastikan secepatnya pembahasan ranperda dimulai.

Dalam pembahasan ranperda, politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, dewan tidak hanya membahas sendiri. Tapi selalu mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat. “Kami memang harus mendengar apa yang diinginkan masyarakat,” pungkasnya. (van/nug/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s