Penataan PKL Trunojoyo Harus Konsisten

Suasana pasar buku di kawasan PKL Jalan Trunojoyo yang segera ditata pada tahun 2009 depan.

Suasana pasar buku di kawasan PKL Jalan Trunojoyo yang segera ditata pada tahun 2009 depan.

Penataan PKL Trunojoyo yang ditunda karena alasan penataan dilakukan di dua sisi sekaligus pada tahun 2009 depan terus mendapat dukungan dewan. Bila sebelumnya komisi B mendukung, kemarin giliran komisi C. Hanya saja, pemkot kembali diingatkan harus konsisten dengan rencana penataan itu.

Sekretaris komisi C DPRD Kota Malang, H Pujianto kemarin mengatakan, dewan akan mendukung pemkot menata PKL Trunojoyo. Bahkan siap memperjuangkan anggaran untuk pengadaan tenda disektor selatan Jalan Trunojoyo.

Ditambahkan, Pemkot harus serius dan konsisten menata semua PKL Trunojoyo. Dia mengingatkan hal ini karena penataan PKL Trunojoyo sudah direncanakan sejak lama.

“Ini kan masalah yang sudah lama. Bahkan sudah beberapa kali dianggarkan di APBD, tapi selalu tertunda. Kalau sudah komitmen menata PKL Trunojoyo tahun depan, ya harus diwujudkan,” tandasnya.
Sebelumnya Pujianto sempat mempertanyakan alasan Pemkot menunda lagi penataan PKL Trunojoyo. Namun setelah mengetahui alasannya karena ada permintaan PKL agar penataan dilakukan sekaligus di dua sektor, politisi berpenampilan ramah ini akhirnya bisa memaklumi.

“Kalau memang sudah kemauan dari pedagang untuk ditata ya tidak masalah. Asalkan harus diingat, kalau sudah dianggarkan di APBD, program ini harus harus diwujudkan,” kata politisi PAN ini.

Selain menata PKL Trunojoyo, Pujianto juga mengingatkan pentingnya mempersiapkan langkah relokasi. Menurut dia, kawasan lapangan Rampal bisa menjadi salah satu alternatif untuk relokasi. “Lapangan Rampal strategis dan juga memiliki banyak pengunjung. Hanya saja perlu koordinasi dengan TNI AD sebagai pemilik lahan,” katanya.

Ia juga mengingatkan perlunya mempersiapkan langkah relokasi agar tidak ada pedagang yeng menetap lagi di kawasan Trunojoyo. “Kita belajar dari masa lalu, awalnya Trunojoyo hanya untuk sementara dengan tenda bongkar pasang. Tapi karena tidak ada ketegasan dari Pemkot, akhirnya menjadi masalah seperti saat ini,” tutupnya. (van/nug) (vandri/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s