Budidaya Jamur Ganoderma Dipamerkan

Seorang mahasiswi sedang memperlihatkan jenis jamur Ganoderma (Lailatul Rosida/Malang Post)

Seorang mahasiswi sedang memperlihatkan jenis jamur Ganoderma (Lailatul Rosida/Malang Post)

Ekshebisi pameran beragam produk hasil riset perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Sabtu menghadirkan puluhan riset baru. Diantaranya adalah budidaya jamur Ganoderma oleh pusat pengembangan Biotek UMM. Jamur ini adalah jenis jamur baru yang dibudidayakan di sana.

Kepala Biotek UMM, Dr.Ir. Saidatul Idhiyah, MP menuturkan Ganoderma ini banyak dikonsumsi untuk obat. “Jamur ini fungsinya untuk obat, dan sekarang sudah banyak dibudidayakan di sentra hayati,” ungkapnya.

Karena produksi yang masih terbatas, kata dia, penjualan jamur ini masih terbatas di lingkungan kampus saja. Akan tetapi untuk bibit-bibit jamur yang sudah dibentuk dalam log, pemasarannya sudah sampai ke luar kota.

Ia menambahkan, Pusbang-Biotek UMM juga memiliki Plasa Biotek sendiri untuk menjual hasil produknya. Produk yang dijual diantaranya jamur segar maupun kering, keripik jamur, pupuk organik, nata de coco, dan yogurt. Pusbang- Biotek juga melayani pembelian log jamur, serta bibit jamur. Biasanya log jamur dipesan dengan partai besar. Kadang pesanan bisa mencapai sepuluh ribu log. Pembelian log ini tergolong praktis karena pembeli tinggal menyiram dan memanen jamurnya saja. Satu log jamur dapat dipanen tanpa henti selama enam bulan.

Keunggulan bibit dari UMM ini menurutnya, terkenal murni dan berkualitas baik. Pesanan bibit biasanya dilakukan oleh pembeli yang berasal dari luar Jawa. Penjualan bibit dari Pusbang Biotek UMM telah berhasil menjelajah hingga ke Bali, Lombok, Mataram, Batam, Kalimantan dan Jayapura. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s