Pemkot Batu Dapat Jatah 482 CPNS

Pemkot Batu harus mengambil langkah berani dalam menyikapi belum turunnya penetapan penjabaran kuota formasi CPNS tahun 2008 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan). Kalau di Kota dan Kabupaten Malang sudah dapat mengumumkan penerimaan CPNS jalur umum, mengapa Pemkot Batu tidak.

Hal itu ditegaskan Ketua Fraksi Gabungan DPRD Kota Batu, Sugeng Minto Basuki yang juga anggota Komisi A DPRD Kota Batu, menyikapi belum jelasnya penerimaan CPNS jalur umum di Pemkot Batu.
‘’Regulasi itu tidak hanya untuk Kota Batu saja, tapi berlaku untuk semua. Pemkot Batu harus dapat mengambil langkah berani dan tegas, selagi tidak melanggar aturan prinsipnya. Jangan hanya menunggu,’’ kata Minto kepada Malang Post, kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkot Batu belum dapat mengumumkan penerimaan CPNS tahun 2008 kepada masyarakat luas. Padahal, Pemkot Malang dan Pemkab Malang sudah melakukannya dengan mengumumkannya kepada masyarakat melalui media.

Alasannya, Pemkot Batu belum menerima penetapan penjabaran formasi dari Menpan. Wali Kota Batu telah mengusulkan penjabaran formasi kepada Menpan, tapi hingga akhir pekan lalu belum ada penetapan dari Menpan, hingga akhirnya Pemkot Batu belum dapat mengumumkannya kepada masyarakat.

Berbeda dengan jalur umum, jalur tenaga honorer yang mendapatkan 175 formasi sudah dilakukan tanpa hambatan. Semuanya sudah dilakukan pemberkasan dan sudah mendapatkan penetapan dari Menpan para nominator tenaga honorer yang akan diangkat sebagai CPNS angkatan tahun 2008.

‘’Kalau Pemkot dan Pemkab Malang saja sudah mengumumkan, kenapa Pemkot Batu belum. Ada apa masalah sebenarnya. Kalau hanya masalah teknis saja, tidak perlu harus menunggu keputusan dari Menpan,’’ tanya Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Batu itu.

Apalagi, informasi yang diterimanya dari pejabat kepegawaian Pemkot Batu, tambah dia, persolan-persoalan lama kepegawaian sudah selesai dan proses CPNS tidak tersangkut dengan kasus-kasus lalu.

Kuota CPNS yang baru, lanjutnya, sudah jelas. Begitu juga formasinya yang akan diterima pada tahun 2008. Sesuai dengan keputusan Menpan, Pemkot Batu mendapatkan kuota formasi sebanyak 482 formasi, 175 formasi untuk tenaga honorer dan telah dilakukan, sisanya 307 formasi untuk jalur umum.
‘’Saya kira, penerimaannya tidak akan jauh berbeda dengan Pemkot dan Pemkab Malang, karena regulasi yang digunakan sama. Kuota yang ada dapat diumumkan kepada masyarakat,’’ ungkapnya.

Untuk mengetahui secara pasti persoalan yang terjadi pada penerimaan CPNS jalur umum tahun 2008, dewan akan mengundang Bagian Kepegawaian untuk menjelaskannya kepada dewan. Baik persiapan maupun kendala yang dihadapinya.

Rencananya, dewan akan memanggil Bagian Kepegawaian pada pekan depan. Jadwal rapat kerja yang akan membahas penerimaan CPNS sudah dijadwalkan panitia musyawarah dewan beberapa waktu lalu.
‘’Pemerintah sekarang ini saya ibaratkan berusaha untuk mencuci sarung. Kesalahan-kesalahan lalu yang telah melanggar aturan tidak akan diulangi lagi. Pemerintah tidak akan gegabah untuk melakukan kesalahan yang sama,’’ tegasnya.

Sesuai surat Menpan nomor B/424-F/M-Pan/8/2008 kuota formasi Pemkot Batu mendapatkan 482 formasi, 175 formasi untuk honorer yang terdiri dari tenaga stategis 90 orang dan tenaga administrasi 85 orang.

Sedangkan, untuk formasi jalur umum sebanyak 307 formasi yang terdiri dari tenaga kependidikan atau guru sebanyak 216 orang, tenaga kesehatan sebanyak 42 orang, tenaga strategis 44 orang dan lima orang Sekdes yang sudah memenuhi syarat. (aim/avi) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s