‘Puskesmas Jempol’ Gunakan Sidik Jari Mulai Digunakan

Seorang pasien di Puskesmas Pakisaji memanfaatkan pemindai sidik jari untuk mempercepat proses pendaftaran. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Seorang pasien di Puskesmas Pakisaji memanfaatkan pemindai sidik jari untuk mempercepat proses pendaftaran. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Puskesmas Pakisaji mulai mengoperasikan alat pemindai sidik jari (fingerprint scanner) untuk mendaftar pasien. Berbeda dengan pemindai lainnya, fingerprint scanner di Puskesmas itu memakai jari jempol penyambung data. Karena itu, nama Puskesmas Pakisaji segera bertambah sebagai Puskesmas Jempol.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Agus Wahyu Arifin mengatakan, alat itu diharapkan bisa memecahkan problem pencarian basis data riwayat kesehatan pasien. Dalam hal ini para pasien yang tidak mampu, mereka cukup menekan jempol pada pemindai. “Cukup tekan jempol, maka data keluar di komputer,” tegas Agus.

Satu unit alat sidik jari tersebut harganya sekitar Rp 23 juta. Rencananya, pemindai itu bakal dikembangkan pada 38 Puskesmas lainnya dengan kebutuhan total mencapai Rp 600 juta. “Dana itu mencakup komputer dan pelatihan operator,” ujarnya.

Sementara itu, Sumiati, salah satu pasien di Puskesmas Pakisaji menyambut baik hadirnya alat pemindai tersebut. Menurut Sumi, sapaan akrabnya, alat itu mempercepat proses pendaftaran calon pasien. Dengan cara manual, pendaftaran pasien memakan waktu sekitar 2 menit, padahal dengan alat itu tak lebih dari 5 detik. “Data keluar di komputer ini, cukup sekali tekan,” ujarnya sumringah. (ary/udi)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s