Riset Akademisi Harus Memperhatikan Isu

Menteri Perikanan dan Kelautan Freddy Numberi, Sabtu lalu hadir di Widyaloka Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kehadirannya untuk membuka Seminar dan Konferensi Nasional bertajuk “Pemanfaatan Hasil Riset untuk Penguatan Pembangunan Kelautan dan Perikanan.” Dalam paparannya, ia menegaskan pentingnya peranan ilmu pengetahuan, data dan informasi ilmiah yang memadai untuk setiap pengambilan kebijakan.

“Riset dapat memberi konstribusi dan mewarnai pembangunan kelautan dan perikanan agar pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan dapat berlangsung secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Pemerintah, kata dia, berkewajiban mendorong dan menumbuhkembangkan kegiatan riset di bidang kelautan dan perikanan. Karenanya, Freddy menghimbau kepada para akademisi agar dalam melakukan riset memperhatikan isu yang mendesak, serta prioritas pembangunan yang sedang berkembang, baik di tingkat regional, nasional maupun global. Tiga isu penting saat ini menurutnya adalah iklim global, isu penyediaan pangan dan isu penyediaan energi. “Berbagai permasalahan yang ada bisa dijawab dengan teknologi, yang dihasilkan para periset dari kalangan akademisi,” tegasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB, Sukoso M.Sc P.Hd menegaskan, harapan akan kemakmuran negeri ini bisa diwujudkan dengan optimalisasi potensi dua per tiga wilayah bahari yang ada. Untuk itu, dibutuhkan kebijakan politik yang kuat sehingga pengembangan bisa dilakukan. Ia mencontohkan bagaimana geliat kawasan Sendang Biru menuju layanan pelabuhan.

Menurutnya, layanan itu tidak mungkin bisa direalisasikan tanpa dukungan kebijakan dari pusat. “Kalau sekarang ini masih ada konflik lahan di wilayah Sendang Biru, maka pemerintah yang harusnya turun tangan untuk menegaskannya,” tandasnya. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s