Pewarna Alami untuk Batik Nabati

Pewarna alami tak hanya sehat untuk makanan. Untuk pakaian pun, pewarna non-kimia itu juga berefek baik bagi tubuh. Salah satunya tidak membuat kulit iritasi, gatal-gatal atau alergi.

Penggunaan pewarna alami untuk pakaian salah satunya diterapkan pada batik nabati dari Kota Batu. Batik yang kesannya “adem” itu menjadi salah satu karya yang dipamerkan dalam Seminar Green Product di Widyaloka Universitas Brawijaya, kemarin.

Jenis pewarna alami pun bermacam-macam. Di antaranya buah pinang untuk warna merah, kayu manis untuk warna kecokelatan, daun jambu biji untuk warna kecoklatan dan daun alpukat untuk warna hijau. “Warna-warna itu, nantinya dicampur lilin dan dimasukkan dalam canting untuk membatik,” ungkap Yusuf, salah seorang pengelola Olive batik.

Menurut Yusuf, warna-warna alami memang tidak “ngejreng” seperti halnya warna sintetis. Batik nabati justru terlihat kusam dan terkesan lawas. Kecuali, dikombinasi atau dipadukan dengan pewarna sintetis dalam kadar tertentu. Sementara batik cetak, warna dan ornamennya terlihat lebih menyala dan terang. “Kalau penyuka batik, pasti tahu batik yang terkesan lawas ini menggunakan pewarna alami ini,” kata Yusuf.

Untuk batik-batik dengan pewarna alami yang harus dibatik dengan tangan, konsumennya terbatas. Lebih condong pada konsumen kelas atas, termasuk kalangan pengusaha. Karena konsumennya khusus itu, maka harganya juga jauh lebih mahal dari batik cap (buatan pabrik). “Orang-orang Cina banyak yang suka. Memang mereka cari yang alami dan asli kerajinan tangan,” tandas Yusuf. (yos/lia/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s