Ujian Paket C Diikuti 207 Peserta

Naskah soal UNPK sudah tersimpan rapi di kantor Disdik Kota Malang kemarin (Lailatul Rosida/Malang Post)

Naskah soal UNPK sudah tersimpan rapi di kantor Disdik Kota Malang kemarin (Lailatul Rosida/Malang Post)

Hari ini agenda Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C digelar. Agenda ujian itu akan diikuti sekitar 207 peserta. Terdiri dari peserta IPA 10 orang, dan peserta IPS 197 orang. Ujian setara SMA tahap kedua ini merupakan penentu apakah peserta yang tidak lulus pada ujian tahap pertama bisa lulus, karena kebijakan konversi nilai. Sebab, pada ujian tahap dua ini, nilai yang terbaik yang akan dikonversikan menjadi nilai penentu kelulusan peserta.

Menurut Kasi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang, Dra Atimah, peserta diharapkan lebih konsentrasi pada penyelesaian mata ujian yang gagal pada tahap pertama. Sebab, jika nilainya lebih bagus akan dipakai untuk penentuan kelulusannya.

“Kalau pada ujian tahap satu kegagalan pada Matematika dan Bahasa Inggris misalnya, maka tahun ini dua nilai ujian itu harus lebih baik, yaitu di atas standar minimal kelulusan. Sementara ujian yang lain bisa mengandalkan nilai sebelumnya yang sudah dinyatakan lulus,” kata Atimah.

Wanita berambut pendek ini menegaskan, sistem konversi itu memang merupakan keunggulan UNPK dibandingkan ujian nasional (UN) untuk sekolah reguler. Sebab, pada dasarnya UNPK dan UN mempunyai standar kelulusan dan bobot nilai yang sama. Standar kelulusannya yaitu 5,25 dan bobot nya pun harus sesuai dengan kurikulum nasional.

Hari ini, lanjut Atimah, ujian akan dipusatkan di SMKN 2 Malang. Pelaksanaannya dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan jadwal PKn, dan dilanjutkan Bahasa Inggris hingga pukul 17.30 WIB. Ada 24 pengawas yang disiagakan untuk ketertiban selama ujian berlangsung. Para peserta ujian sebelumnya juga sudah dibina selama enam bulan di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) sebagai syarat mengikuti UNPK. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s