Waktu Ujian Semakin Mepet, CPNS Kota Batu Tak Kunjung Ditetapkan Menpan

Pelaksanaan penerimaan CPNS Kota Batu tampaknya bakal semakin ruwet. Karena pelaksanaan ujian CPNS tetap harus dilaksanakan bersamaan di seluruh Jawa Timur pada 10 Desember mendatang.
Padahal, hingga kemarin Pemkot Batu belum mendapatkan penetapan penjabaran formasi CPNS 2008 dari Menpan dan belum dapat mengumumkannya kepada masyarakat.

Jika pelaksanaan ujian harus serempak bersama-sama daerah lainnya di Jatim, seharusnya Pemkot Batu sudah membuka pendaftaran mulai 13 November besok.

Karena untuk wilayah Kota dan Kabupaten Malang, sudah membuka pendaftaran mulai 13 November besok hingga 20 November mendatang. Keduanya sudah mengumumkan penerimaan CPNS tahun 2008 kepada masyarakat.

Namun Pemkot Batu berkilah, tahapan penerimaan CPNS diserahkan kepada masing-masing kota. ‘’Jadwal pelaksanaan ujian memang akan dilaksanakan bersama-sama (10 Desember, Red.). Tapi tahapannya diserahkan pada masing-masing kota dan kabupaten sesuai dengan agenda yang ada di kota dan kabupatennya,’’ kata Kepala Bagian Kepegawaian Kota Batu, M. Chori kepada Malang Post, kemarin.

Dijelaskannya, tahapan penerimaan CPNS sudah ditentukan Menpan. Hanya saja, waktunya disesuaikan dengan agenda yang ada di masing-masing daerah.

Waktu pendaftaran tetap akan diberikan sama dengan kota dan kabupaten lainnya selama delapan hari. Untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat.

Tapi hingga kemarin, lagi-lagi Chori mengaku belum dapat memastikan kapan Pemkot Batu akan membuka pendaftaran penerimaan CPNS formasi tahun 2008 untuk jalur umum.

Pemkot Batu masih menunggu penetapan penjabaran 307 formasi jalur umum yang akan dibuka untuk masyarakat umum. Penetapan dari Menpan mutlak diperlukan sebagai dasar penjabaran formasi yang akan diumumkan kepada masyarakat.

‘’Insya Allah, dalam waktu satu dua hari kedepan, penetapan dari Menpan sudah akan turun dan akan langsung kami umumkan kepada masyarakat secara luas. Penetapan formasi untuk tenaga honorer dan umum berbeda,’’ ungkapnya.

Diakuinya, penetapan Menpan untuk Kota Batu terlambat dari kota dan kabupaten di Malang Raya. Pada penetapan formasi kuota CPNS 2008 lalu, Kota Batu juga mendapatkan penetapan belakangan. Hal itu berlanjut pada penetapan penjabaran formasi CPNS jalur umum yang telah diusulkan wali kota kepada Menpan.

Disinggung lambatnya penetapan Menpan karena akumulasi kasus kepegawaian yang pernah terjadi di Pemkot Batu, Chori menampiknya. Menurutnya, keterlambatan penetapan dari Menpan karena penerimaan CPNS bersamaan secara nasional.

‘’Pengajuannya itu dari semua daerah di Indonesia. Jadi harus menunggu dan menunggu giliran penetapan dari Menpan. Masing-masing daerah memiliki penjabaran yang berbeda sesuai dengan formasi yang dibutuhkannya,’’ terangnya.

Jika belum ada penjabaran dari Menpan, tambah dia, Pemkot Batu belum berani untuk mengumumkannya kepada masyarakat. Dasar penetapan itu yang menjadi payung hukum bagi Pemkot Batu untuk menerima pendaftaran CPNS tahun 2008.

Pemkot tidak dapat mengambil langkah sendiri, tanpa ada landasan hukumnya. Jika mengambil langkah sendiri tanpa pertimbangan dasar hukumnya, hal itu akan berakibat fatal.

‘’Nanti kami bisa disalahkan, kalau mengambil langkah sendiri menjabarkan sendiri formasi yang dibutuhkan tanpa ketetapan dari Menpan. Kami sudah berupaya pro aktif ke Menpan untuk mengkonfirmasikan penetapan penjabaran untuk Kota Batu,’’ tandasnya. (aim/avi) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Berita, Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s