Bedah Anggaran Dewan

Membumbungnya anggaran dewan yang direncanakan dalam Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) mengundang tanda tanya masyarakat. Karena itu rencana anggaran para wakil rakyat yang tertera dalam pos anggaran sekretariat DPRD Kota Malang sebesar Rp 14.758.183.550 akan dibedah untuk diketahui tingkat kelayakannya.

Selain itu, pengalokasian anggaran sebesar itu juga akan dibedah untuk mengetahui adanya kemungkinan penyalahgunaan kewenangan. MCW adalah salah satu elemen masyarakat yang memastikan segera membedah pos anggaran dewan tersebut.

“Kami akan membedah anggaran dewan untuk mengetahui secara detail anggaran yang digunakan. Bedah anggaran dewan sekaligus untuk mengetahui kemungkinan terjadinya penyalahgunaan wewenang,” kata Zia Ulhaq, Koordinator Badan Pekerja MCW, kemarin.

Dia menegaskan, untuk mencegah penyalahgunaan wewenang dewan harus dilakukan ditahap awal. Yakni saat perencanaan anggaran seperti diatur dalam PPAS yang akan jadi acuan dalam pembahasan dewan.

Dijelaskannya, untuk tahap awal MCW akan membedah anggaran dewan secara internal. Selain itu, juga membedah bersama berbagai elemen masyarakat dan kalangan akademisi di kota pendidikan ini.
Rencananya, hari ini anggaran dewan yang diatur dalam PPAS ini akan disampaikan dalam sidang paripurna dewan bersamaan dengan penyampaian kebijaan umum anggaran (KUA). Setelah itu mulai dalam pembahasan detail. Sebelumnya seperti yang diberitakan koran ini, wakil ketua dewan Arif Wahyudi memastikan pihaknya akan mengkritisi anggatan dewan. Dia menegaskan, akan membahas anggaran dewan yang lebih rasional lagi.

Anggaran wakil rakyat yang tinggi ternyata juga disebabkan program peningkatan sarana dan prasarana apartur. Dalam PPAS, hanya untuk pos anggaran ini, dialokasikan anggaran Rp 1.382.011.200. Sedangkan untuk program pelayanan administrasi perkantoran dalam pos anggaran sekretariat DPRD mencapai Rp 4.590.088.100.

Dua pos anggaran ini merupakan bagian dari anggaran dewan dan sekretariat dewan yang totalnya mencapai Rp 14.758.183.550. (van/lim) (Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s