Gandeng BRI, Sosialisasi KUR

Pemkot Batu menggandeng BRI menyosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR). (MUHAIMIN/MALANG POST)

Pemkot Batu menggandeng BRI menyosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR). (MUHAIMIN/MALANG POST)

Wacana pemberian bantuan modal usaha pada industri kecil dengan menggunakan APBD yang pernah disampaikan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko beberapa lalu tampaknya sulit dilakukan. Pasalnya, Pemkot Batu belum memiliki peraturan daerah tentang bantuan pinjaman modal kepada masyarakat.

Sebagai gantinya, Pemkot menggandeng kalangan perbankan untuk memberikan bantuan modal usaha kecil untuk pelaku ekonomi di Kota Batu dengan persyaratan administrasi yang mudah. Dengan menggandeng BRI, Pemkot Batu mensosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada masyarakat dan pelaku ekonomi kecil di Balai Kota Batu.

“Awalnya, memang ini keinginan dari wali kota untuk memberikan kredit modal usaha yang mudah dan tidak njelimet dengan administrasi yang mudah,” kata Kepala Kasda Kota Batu, Eni Rahyuningsih saat sosialisasi kredit usaha rakyat di Balai Kota Batu, kemarin.

Menurutnya, sesuai dengan Permendagri No. 59 tahun 2007 tentang pengelolaan keuangan daerah, pemberian pinjaman modal melalui APBD bisa dimungkinkan tapi harus didahului dengan peraturan daerah (Perda). Saat ini, Pemkot Batu belum memiliki Perda yang mengatur hal itu.

Untuk membuat Perda itu, membutuhkan waktu yang cukup lama. Tidak hanya butuh waktu satu atau dua hari saja. Perlu ada pembahasan di tingkat DPRD sampai dengan pengesahannya Pemprov Jatim. Padahal, kebutuhan permodalan bagi usaha kecil sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kami berusaha melalui jalan lain tidak menggunakan APBD, tapi melalui perbankan di Kota Batu yang memiliki program kredit usaha kecil yang mudah dan ringan. Salah satunya BRI,” terangnya.

Kabag Ekbang Pemkot Batu, Arsan Abdullah Lumbu menambahkan, kredit yang akan diberikan perbankan itu diharapkan cukup mudah bagi pelaku ekonomi di Kota Batu. Agunan yang akan diberikan juga jangan sampai memberatkan masyarakat yang akan meminjam modal usaha melalui kredit usaha rakyat (KUR).

Dari informasi yang diperolehnya, KUR dapat memberikan kredit hingga Rp 100 juta tergantung dari kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki pelaku usaha itu sendiri dengan suku bunga yang ringan. Jangka waktunya pun hingga 3 tahun.“Kami memang berharap akan dapat membantu masyarakat dan memajukan perekonomian di Kota Batu. Syaratnya tidak sampai menyulitkan pemilik usaha,” ujarnya.(aim/lim) (Muhaimin/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s