Konflik Makam Cina, Pihak-pihak Saling Tunggu

Kuburan Cina di Gang Cempaka Dusun Kebonsari Desa/Tumpang yang dipermasalahkan warga. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Kuburan Cina di Gang Cempaka Dusun Kebonsari Desa/Tumpang yang dipermasalahkan warga. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

Penyelesaian konflik pembangunan makam Cina atau Bong di petak 18 blok 24 komplek pemakaman Cina Dusun Kebonsari Desa/Kecamatan Tumpang tampaknya masih menemui jalan buntu. Pihak Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang maupun pihak Pemerintahan Desa sama-sama menunggu kejelasan penyelesaian masalah.

Disisi lain sebagian warga Desa Tumpang masih berharap agar bangunan Bong segera dibongkar. Hal itu dikatakan Kepala Desa Tumpang Achmad Apriono Saat dihubungi Malang Post. Apriono menegaskan bahwa status tanah di lokasi Bong murni milik kas desa. Pasalnya, setiap tahun Pajak Bumi dan Bangunan selalu dibayarkan Pihak Desa.

“Kami baru dapat instruksi dari Dinas Cipta Karya melalui pak Riyono agar mengajukan surat ke Bupati bahwa lahan itu akan dibangun fasilitas umum (lapangan bola),” ujar Apriono sore kemarin.

Menurut Apriono, arahan tersebut menunjukkan bahwa Dinas Ciptakarya dan Tata Ruang mengakui status lahan itu sebagai milik desa. Pasalnya, surat kepada Bupati mengandung makna sola alih fungsi lahan bengkok menjadi Fasilitas Umum. Kata Apriono, kejelasan masalah itu masih akan dikonsultasikan terlebih dulu kepada Camat Tumpang.

“Saya tidak berani memutuskan sendiri, karena saya punya atasan, harus minta Pertimbangan dari pak Camat dulu,” kata Apriono.

Terpisah, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Ir. Rumdhoni masih belum menemukan formulasi pemecahan masalah tersebut. Dihubungi kemarin, Rumdhoni mengaku belum tahu secara pasti status tanah bangunan Bong yang dipermasalahkan warga. Namun, pria ramah itu berjanji paling cepat hari ini sudah ada solusi dan kejelasan penyelesaian dari Dinas.

“Ya besok (hari ini) sudah harus ada solusi,” tegasnya dihubungi Malang Post saat berada di Lawang, kemarin.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s