45 Gepeng Dipulangkan

45 gelandangan, pengemis, anjal yang terjaring razia kemarin segera dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing. (VANDRI VAN BATTU/MALANG POST)

45 gelandangan, pengemis, anjal yang terjaring razia kemarin segera dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing. (VANDRI VAN BATTU/MALANG POST)

Bagian Sosial Kota Malang memulangkan 45 gelandangan, pengemis (gepeng), anjal dan PSK. Mereka berasal dari luar kota pendidikan ini setelah dijaring Satpol PP, sepanjang hari kemarin. 45 gepeng dan anjal itu dirazia di berbagai sudut kota. Di antaranya sekitar alun-alun, hingga ke sekitar Matos dan di Jalan Bandung. Saat dijaring operasi, hampir semuanya sedang mengemis dan mengamen di jalan dan tempat keramaian.

“Setelah dijaring dalam razia, mereka dipulangkan ke daerah masing-masing. Sebelum dipulangkan, dibina terlebih dahulu,” kata Ir Imam Santoso, Kabag Sosial Pemkot Malang. Pembinaan dilakukan di Badan Pelaksana Rehabilitasi Tuna Karya Daerah (Bapertukda) di Sulfat. “Tadi setelah dijaring mereka langsung dibawa ke sana (Bapertukda). Besok (hari ini) langsung dibina,” jelasnya.

Gepeng, anjal dan PSK dibina dengan cara pembekalan tentang keagamaan, kesehatan dan sosial kemasyarakatan. Diharapkan, mereka kembali ke daerah asalnya dan bekerja yang layak. Setelah pembinaan lanjut dia, langsung dipulangkan ke daerah masing-masing. Di antaranya daerah sekitar Malang dan Jawa Timur. “Untuk memulangkan mereka, kami bekerjasama dengan Dinas dan Bagian Sosial di daerah masing-masing,” katanya.

Razia yang dilakukan kemarin itu kata Imam untuk menciptakan kenyamanan warga kota ini. “Razia dilakukan agar mereka tidak berada di jalan-jalan dan tempat umum. Selain itu agar mereka kembali ke daerah asalnya masing-masing,” jelasnya.

Razia yang digelar atas kerjasama Bagian Sosial dan Satpol PP ini terus dilakukan. Sebelumnya, razia yang sama juga dilakukan. Kendati sering melakukan razia, ternyata ada juga yang masih kembali ke kota ini. “Ada yang sudah terjaring razia dan dibina, tapi beberapa saat kemudian mereka kembali lagi ke Kota Malang,” kata dia. Namun demikian, pihaknya akan terus mengelar razia yang sama. (van/lim) (Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s