Pengumuman Kelulusan Sertifikasi Tunggu Jakarta

Kejelasan mengenai pengumuman kelulusan sertifikasi 2008 nampaknya belum ada kepastian. Hingga kemarin, Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 15 Universitas Negeri Malang (UM) belum bisa memastikan apakah peserta sertifikasi guru yang tidak ikut Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah peserta yang lulus portofolio atau tidak.

“Nama-nama yang tidak terdaftar dalam PLPG saat ini sedang diusulkan ke konsorsium penilaian sertifikasi guru. Ada dua kemungkinan bisa lulus bisa tidak,” ungkap Pembantu Rektor I UM, Dr H Kusmintardjo M.Pd kepada Malang Post, kemarin.

Diakui, sesuai jadwal awal, pengumuman hasil kelulusan sudah diinformasikan secara luas pad akhir Oktober lalu. Tapi hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut. Hanya saja ia berharap, pengumumannya tidak sampai melewati batas akhir tahun. Sebab jika itu terjadi, maka semakin lama pula para guru menikmati tunjangan profesi pendidik (TPP) sebesar satu kali gaji itu.

“Kalau pengumuman saja baru 2009, maka otomatis pencairan tunjangannya baru diberikan satu tahun setelah diumumkan. Artinya baru pada 2010 peserta sertifikasi 2008 bisa menikmati tunjangannya,” jelasnya.

Sementara itu, proses PLPG yang berlangsung di Batu sejak 5 November lalu berlangsung lancar. Hari ini, rencananya hari terakhir pelaksanaan PLPG bagi peserta tahap pertama. Selanjutanya, PLPG tahap kedua langsung menyambung jadwalnya, hingga 19 Desember mendatang, diharapkan PLPG secara keseluruhan bisa rampung. Dalam diklat itu, kata Kusmintardjo, sekaligus dilaksanakan tes untuk penentuan kelulusan peserta.

Selain itu, poin yang akan menjadi penilaian adalah keaktifan, inovasi pembelajaran yang ditampilkan. Termasuk hasil penilaian portofolio yang sudah dicapai akan menjadi salah satu bahan pertimbangan kelulusan peserta PLPG. Seperti diketahui, PLPG Rayon 15 akan diikuti sekitar 7565 peserta, dari Kota Malang ada sebanyak 573 peserta. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s