Setuju Terbitkan Surat Hutang Blangko KTP

Mandegnya pelayanan KTP baru di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) membuat Bupati Malang Sujud Pribadi gerah. Sujud menegaskan bahwa pihaknya siap menerbitkan usulan surat hutang kepada DPRD Kabupaten Malang. Hanya saja, Sujud memerintahkan Dinas terkait menyiapkan dasar hukum penerbitan usulan tersebut.

Hal itu dikatakan Sujud usai mengikuti rapat di Gedung DPRD Kabupaten Malang di Kepanjen, kemarin. Orang nomor satu di Kabupaten itu mengakui amat memahami pentingnya KTP bagi masyarakat. Sehingga dia menyatakan setuju dengan wacana penerbitan surat hutang blangko KTP.

“Dinas terkait agar menyerahkan usulan, beserta dasar hukum penerbitan surat hutang itu, segera mungkin biar cepat diproses,” tegasnya kepada Malang Post.

Sebagai pemegang kebijakan Sujud tidak ingin tergelincir dengan keluarnya keputusan yang tidak mempunyai dasar. Namun yang paling penting, surat hutang itu bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kata Sujud, sambil menunggu terbitnya surat hutang dan blangko KTP baru, warga bisa memakai surat keterangan sementara.

“Penerbitan surat hutang itu harus melalui sistem dan prosedur keuangan daerah yang benar,” pungkasnya.

Langkah Sujud rupanya diamini oleh anggota Dewan yang terhormat, lewat rekomendasi Komisi C DPRD. Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Malang, H. Imam Syafi’i, Lc.S.Hi, MA meminta Bupati segera mengirimkan pengajuan ke dewan. Pasalnya, berdasarkan hearing antara Dispenduk Capil dan Dewan beberapa waktu lalu, Komisi C merekom penerbitan surat hutang pada pihak ketiga sebesar Rp 50 Juta.
“Itu nanti dibayar tahun 2009, diperkirakan bisa untuk kebutuhan dua bulan. Tergantung nanti APBD 2009 di dok bulan berapa. Prinsipnya kita merekom dan menunggu pengajuan penerbitan surat hutang dari Bupati,” ujar Imam kepada Malang Post.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s