Siapkan PAW Masal DPRD Ahir Periode

Pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Kota Malang terjadi besar-besaran diakhir periode. Pekan ini, proses PAW empat wakil rakyat dimulai. Salah satu diantaranya HM Tohir, anggota Fraksi PAN yang kemarin siang dipecat dari partainya lalu diusulkan diganti dari kursi dewan.

Tohir diusulkan PAW oleh PAN, karena jadi caleg DPRD Jatim melalui PKNU. Selain Tohir, HM Syafraji Hariyanto diusulkan di PAW oleh PKB karena menjadi caleg di PKNU.

Nasib serupa juga dialami wakil ketua dewan Subur Triyono. Subur di PAW oleh Partai Demokrat karena jadi caleg dari PAN. Sedangkan almarhum HM Fachruddin Djalal juga dibahas pengganntinya.
Pembahasan PAW dilakukan dalam pekan ini setelah DPP PAN menerbitkan SK pemberhentian Tohir dari PAN sekaligus di PAW. SK DPP PAN bernomor PAN/A/Kpts/KU-SJ/160/XI/2008 tertanggal 6 November 2008.

SK DPP PAN itu langsung diserahkan kepada Tohir, kemarin siang. Penyerahan SK itu sempat mengundang perhatian. Betapa tidak, anggota komisi A yang sedang duduk santai di loby gedung dewan, mendadak didatangi sekretaris DPD PAN Kota Malang, H Pujianto untuk menyerahkan surat itu.
Ekspresi Tohir sempat berubah. Tak lama kemudian, dia tersenyum dan menanyakan isi surat yang diserahkan Pujianto. Setelah mendapat penjelasan Tohir pun tersenyum lagi.

‘’Kami hanya menyerahkan SK DPP PAN. Isinya memberikan sanksi pemberhentian tetap sebagai anggota PAN dan cabut KTA PAN sejak 6 November 2008. DPP PAN memberhentikan Pak Tohir dari seluruh jabatan di PAN maupun diluar partai yang ada kaitannya dengan PAN,’’ kata Pujianto saat membacakan surat pemberhentian Tohir kepada wartawan.

Lebih lanjut, Pujianto yang didampingi Ketua DPD PAN Mohan Katelu menjelaskan, kebijakan yang mem-PAW Tohir karena tindakan Tohir sendiri. ‘’Sebenarnya dia (Tohir) sendiri yang memecat diri sendiri,’’ terang Pujianto. Selanjutnya, Tohir diusulkan diganti oleh Sulton Akbar. Sulton sebelumnya caleg nomor 2 dari dapil Blimbing.

Menanggapi pemberhentiannya itu, Tohir mengaku menerimanya. Bahkan sejak 2006 lalu dirinya sudah ingin keluar dari PAN. Alasannya karena tidak adanya konsistensi DPD PAN.

‘’Berdasarkan hasil rakornas PAN, anggota legislatif masuk dalam struktural harian. Tapi kenyataannnya disini tidak,’’ kata Tohir. Namun alasan Tohir ini langsung dibantah Pujianto dan Mohan Katelu.
‘’Sebenarnya hasil rakornas tidak mengharuskan begitu. Lagipula Pak Tohir yang tidak mau jadi pengurus setelah Musda PAN 2005 lalu,’’ jelas Pujianto dan dibenarkan Mohan Katelu.

Dilain sisi, Tohir juga menjelaskan, dirinya hanya menjadi caleg di PKNU, tapi bukan kader partai tersebut. Dia pun optimis proses PAW tidak semudah yang dibayangkan. ‘’Ini masih babak awal. Diatas masih ada proses lagi,’’ kata dia.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kota Malang Drs H Muhaimin MT yang dikonfirmasi melalui ponselnya membenarkan pihaknya mengusulkan PAW untuk HM Syafraji Hariyanto. Syafraji kata dia, di PAW karena pindah ke PKNU.

Selanjutnya Syafraji yang saat ini duduk di komisi B diusulkan diganti oleh M Choriul Anwar, dari Lowokwaru. Sedangkan Subur Triyono diusulkan diganti oleh Yusnia Fitriani dari Lowokwaru juga.
Soal proses PAW ini, Ketua DPRD Kota Malang Drs Ec RB Priyatmoko Oetomo MM mengatakan pekan ini segera bertemu para pimpinan fraksi. Setelah itu, langsung mengajukan surat tentang PAW kepada KPU.
‘’Dalam minggu ini juga diajukan surat ke KPU. Dari KPU surat akan kami kirim lagi ke wali kota dan ke Mendagri melalui Gubernur Jatim,’’ jelasnya.

Sebelumnya kata Moko-sapaan akrab Priyatmoko Oetomo, dirinya sudah bertemu tiga anggota dewan yang diusulkan untuk di PAW. Ketiga wakil rakyat itu pun hanya bisa pasrah saja. ‘’Untuk proses PAW kalau tidak ada kendala dalam waktu dua minggu sudah selesai,’’ kata politisi PDI Perjuangan ini. (van/avi)
(vandri/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s