Bangun Instalasi Pengelola Tinja

Penyebab pencemaran lingkungan air sungai dari tinja menjadi perhatian serius Pemkot Batu. Sebanyak tiga unit bangunan instalasi pengelola ”telor” manusia itu dibangun dengan anggaran sekitar Rp 202 juta. Masing-masing instalasi menyerap anggaran Rp 70,6 juta.

Ketiga instalasi dibangun di Desa Sumberejo, Brau, dan Kelurahan Sisir. “Ini sebagai daerah percontohan. Nantinya akan kami kembangkan di daerah lain,” kata Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemkot Batu Hidayat Murtadho, siang kemarin.

Hidayat menyebutkan pembangunan tersebut dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan yang bersumber dari kotoran rumah tangga. Sebelum dibuang ke aliran sungai, kotoran tersebut diolah terlebih dahulu pada instalasi yang ada. Sehingga saat dibuang ke sungai, sudah tidak banyak mengandung kotoran.

Dia menyebutkan, saat ini pembangunan instalasi tersebut difokuskan pada daerah padat penduduk. Khususnya pada kalangan keluarga yang belum memiliki tempat pembuangan air besar. Dengan jaringan tersebut, setiap keluarga yang belum memiliki fasilitas tersebut dibuatkan jaringan pipa yang langsung terhubung dengan jaringan tersebut.

Tapi, daya tampung jaringan tersebut juga terbatas. Untuk jaringan di gang Punden Kelurahan Sisir misalnya, hanya bisa menampung 20 rumah tangga. “Sekarang sudah banyak yang minta diikutkan pada jaringan tersebut,” katanya.

Jaringan instalasi tersebut ke depan juga bisa dimanfaatkan. Salah satunya untuk bahan pupuk. “Kalau menjadi sumber energi alternative sepertinya belum. Sementara untuk pupuk kalau sudah penuh,” kata dia.

Wali Kota Batu Eddy Rumpoko yang meninjau pembangunan instalasi tersebut mengaku akan lebih banyak membangun pengolah limbah. Itu dilakukan agar pencemaran lingkungan dari kotoran manusia bisa dikurangi. Eddy juga sudah minta Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) untuk segera melakukan pendataan. “Menyeluruh di Kota Batu. Mana saja yang perlu dibangunkan pengolah limbah harus sudah diketahuit titik-titiknya tahun depan,” kata dia.

Terlebih lagi, pembangunan itu juga selain bermanfaat bagi warga sekitar sungai juga memberikan pekerjaan. Sebab, pekerjaannya juga melibatkan warga sekitar. (yak/war/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s