Guru SMK Digembleng Tumbuhkan Kewirausahaan

Guru-guru SMK asyik mengikuti game bisnis dalam pelatihan kewirausahaan di Edu Hotel SMKN 3 kemarin. (LAILATUL ROSIDA/MALANG POST)

Guru-guru SMK asyik mengikuti game bisnis dalam pelatihan kewirausahaan di Edu Hotel SMKN 3 kemarin. (LAILATUL ROSIDA/MALANG POST)

Pendidikan di SMK diharapkan mampu menciptakan kekhasan terutama di bidang kewirausahaan. Karena itulah, sejumlah guru SMK Negeri se Malang Raya kemarin mengikuti pelatihan kewirausahaan yang digelar Lembaga Peningkatan Mutu Pendidik (LPMP) Jawa Timur di Edu Hotel SMKN 3 Malang. Para guru ini diharapkan bisa membekali siswanya dengan berbagai keterampilan yang prospektif dan sesuai dengan bakat minat siswanya.

Konsultan LPMP Jawa Timur, Edison Ginting yang kemarin menjadi pembicara pelatihan menuturkan, paket pelatihan yang diberikan langsung bersumber dari paket pelatihan Internasional Labour Organization (ILO). “Materi ILO ini digunakan di 164 negara, mulai dari materi dasar dan lanjut diberikan kepada guru,” ungkapnya.

Ginting, panggilan Edison Ginting mengajarkan materi bisnis ini dengan sangat menarik. Melalui beragam game, para guru diajak untuk lebih paham tentang bisnis. Seperti kemarin, game bisnis perbankan diajarkan kepada mereka. Para guru pun saling adu strategi bagaimana agar bisa mengelola pinjaman modal dari bank dengan sebaik-baiknya dan tidak sampai terkena denda. Mereka terlihat bersemangat mempelajari model game yang diajarkan.

“Jika guru sudah faham tentang bisnis, dan bisa memulai mempraktikkannya, maka tugas selanjutnya adalah bagaimana bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan itu melalui pembelajaran di kelas,” tutur Widyaiswara P4TK BMTI Bandung ini. Yang terpenting kata dia, para guru harus mampu menyajikan modul pelatihan yang ada sehingga menimbulkan ketertarikan kepada siswa.

Sementara itu panitia pelatihan kewirausahaan Dra Hj Supartini MM menuturkan, salah satu tantangan pendidikan di SMK saat ini adalah bagaimana menciptakan konsep keunggulan lokal. Karena itu, SDM di SMK terus dilatih untuk bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada siswanya. Sebab pada dasarnya, ada tiga kategori lulusan SMK itu. Pertama meneruskan studi, kedua mandiri dan ketiga kerja. Ketiga hal itu membutuhkan konsep awal kewirausahaan pada diri siswa. (oci/lim) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s