Nokia 5610 Ditarik Dari Peredaran

nokia-5610
Perusahaan telekomunikasi, T-Mobile memutuskan untuk menstop penjualan dan menarik kembali (recall) ponsel Nokia 5610 XpressMusic karena handset ini dianggap bermasalah. Dikutip dari sebuah situs Pocket-lint, penarikan T-Mobile tersebut dilakukan di seluruh Amerika Serikat (AS).

Dikonfirmasi oleh juru bicara T-Mobile, alasan penarikan karena adanya cacat di beberapa model handset tersebut yang berpengaruh pada display ponsel. Sebagai gantinya, T-Mobile menawarkan pelanggannya Nokia 6301 atau 5310 sebagai pengganti.

Lebih lanjut juru bicara Nokia menegaskan bahwa penarikan handset ini hanya dilakukan di AS, sehingga konsumen di wilayah negara lain seperti Inggris tidak perlu khawatir akan terjadi aksi serupa. Namun demikian, kasak kusuk bahwa Nokia 5610 XpressMusic menjadi produk yang cacat sudah merebak di Malang.

Karyawan JJ Cellular Malang plasa, Fitri Purnama mengatakan, para pengguna Nokia 5610 banyak yang mengeluhkan adanya kerusakan yang terjadi pada keypad analog multimedia. Keypad tersebut rentan retak jika penggunaannya terlalu keras.

“Sejak awal keluar Agustus 2007 lalu, banyak pengguna yang mengeluhkan ketidaksempurnaan keypad analog multimedianya. Jika menggesernya terlalu keras, bagian tepinya akan mudah retak. Yang mengeluh seperti ini tidak hanya satu atau dua pengguna saja, tetapi sudah banyak,” ungkap Fitri, siang kemarin.

Senada dengan pengakuan Fitri. Owner Dolphin Cell yang juga berada di Malang Plasa, Deni Haris mengatakan, produk ini memang memiliki kelemahan di bagian keypad analog multimedia. Secara teknis, Deni menjelaskan, keypad ini diapit oleh pir di bagian kanan dan kiri. Kalau penggunaannya terlalu keras, bisa-bisa tombolnya lepas dari tempatnya.

Menurut Deni, untuk mengakali cacat yang terdapat dalam keypad analog multimedia ini, pengguna merekatkan kembali dengan lem. Ini dilakukan untuk menjaga agar harga jualnya tidak jatuh. Kerusakan pada keypad analog multimedia Nokia 5610 bisa menyebabkan harga jualnya turun Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

“Karena rentan rusak, penjualan produk ini di pasaran juga tidak terlalu ramai. Justru untuk tipe XpressMusic ini yang lebih disukai adalah Nokia 5310. Walaupun teknologinya berada di bawah Nokia 5610, tetapi soal kualitas produk, Nokia 5310 lebih baik. Desain candybar juga mempermudah pengguna dibanding Nokia 5610 yang memiliki model slide,” kata pria yang akrab disapa Tum ini.

Penjualan Nokia 5610 yang kalah bersaing dengan Nokia 5310 ini juga diakui oleh karyawan JMP Cell, Dasar Wiyono. Menurut Dasar, rata-rata penjualan Nokia 5610 di counternya sebanyak 5 unit/bulan. Sedangkan Nokia 5310 yang dilengkapi dengan kamera 2 MP bisa terjual hingga 15 unit/bulan. (nda/mar) (Adinda Zaeni/malangpost)

Iklan

1 Komentar

Filed under Indonesia, Malang

One response to “Nokia 5610 Ditarik Dari Peredaran

  1. doni

    waduh punya saya juga. malah hilang keyopadnya..jd gx bgs deh..gmana donk ngakalinnya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s