UMK Kabupaten Malang Direvisi

Pemerintah provinsi Jawa Timur menolak usulan UMK Kabupaten Malang tahun 2009 sebesar Rp 954.500. Usulan itu lantas dikembalikan kepada Pemkab Malang untuk segera direvisi. Pemprov mempertanyakan asal penghitungan UMK tersebut, selain Kabupaten Malang usulan UMK Kota/Kabupaten di Ring I juga dikembalikan.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Nur Yasin mengatakan, usulan yang dikembalikan antara lain Mojokerto, Surabaya Sidoarjo, Pasuruan dan Kabupaten Malang. Menanggapi hal itu pihaknya masih berkonsultasi dengan wakil Bupati Malang Rendra Kresna.

“Kita konsultasi dulu, baru nanti akan merevisi seperti apa yang diminta Pemerintah Provinsi,” ujarnya ketika hendak menemui Wabub Rendra Kresna, kemarin.

Menurut Nur Yasin, usulan UMK tersebut telah diambil alih Pemkab Malang,sejak pekerja dan pengusaha sama-sama angkat tangan. Beberapa kali pertemuan antara kedua pihak sebagai unsur Bipartit itu menemui jalan buntu alias deadlock. Tarik ulur usulan UMK 2009 tersebut terletak pada hasil survei KHL dari serikat pekerja sebesar Rp 932 Ribu.

“Survei tersebut berdasarkan Permenaker nomor 17 tahun 2005 tentang komponen dan pelaksanaan tahapan pencapaian kebutuhan hidup layak,”ujar Nur Yasin waktu itu.

Nur Yasin menambahkan, komponen KHL terdiri dari 46 item yang terbagi dalam tujuh kelompok antara lain makanan minuman, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, transportasi, rekreasi dan tabungan. Hanya saja, ketika Pemkab Malang telah menemukan angka UMK, tiba-tiba muncul SKB empat Menteri. ”Kita tetap mengacu pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan yang ada. Posisi undang-undang lebih kuat daripada SKB empat menteri,” kata Wakil Bupati Malang Rendra Kresna begitu SKB terbit.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s