GRANAT Malang Raya

Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Malang Raya akan mengawal proses hukum kasus narkoba di Malang. Sementara masyarakat diimbau untuk terus memerangi narkoba. Hal ini diungkapkan Ketua GRANAT Malang Raya RM Achyadi SH kepada wartawaran, kemarin siang. Achyadi mengingatkan, hal itu karena kasus narkoba di Malang cendrung meningkat. Sementara pengungkapan kasus yang terus dilakukan polisi harus diimbangi pemberian sanksi yang berat bagi pelakunya.

“GRANAT mendukung polisi untuk bertindak tegas terhadap penggunaan dan peredaran gelap narkoba. Pelakunya harus dihukum seberat-beratnya agar memberi efek jera,” katanya sembari menegaskan akan mengawal proses hukum untuk kasus narkoba.

Achyadi mengingatkan hal ini agar vonis hakim untuk kasus narkoba tidak lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum dalam persidangan kasus narkoba. Untuk mengawal proses hukum, menurut Achyadi, pers juga berperan. Sehingga pers tidak hanya meliput pengungkapan kasus narkoba saja, tapi juga sampai proses hukumnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kesadaran masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan memerangi narkoba terus ditingkatkan. Achyadi mengingatkan hal ini karena saat perhelatan pilgub dan pilwali, masyarakat seolah lupa dengan bahaya narkoba.

Sementara saat ini lanjut dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan bahwa pada 2015 mendatang, Indonesia sudah harus bebas dari narkoba. “Masalah narkoba adalah masalah bersama. Masyarakat harus ikut bersama memerangi narkoba, tidak hanya Polisi saja,” imbaunya.

Sementara itu, Kalakhar BNK Kota Malang, AKBP Drs Bambang Andjar Soepeno SH MSi, mengatakan, peran serta masyarakat memerangi narkoba sangat penting. Apalagi, kasus penyalahgunaan narkoba yang diungkap Polresta Malang terus meningkat.

Dijelaskannya, khusus untuk Kota Malang, dalam periode waktu Januari sampai Agustus 2007 lalu tercatat 64 kasus yang diungkap. Jumlah tersangkanya sebanyak 84 orang.

Sedangkan dalam periode waktu Januari sampai Agustus 2008, terdapat 70 kasus narkoba yang diungkap polisi. Jumlah tersangkanya sebanyak 8 orang. Artinya terdapat peningkatan jumlah kasus dan tersangka penyalahgunaan narkoba yang diungkap Polresta Malang. (van)
(Vandri van Battu/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s