22 Obat Kuat Ditarik BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik 22 item produk obat kuat yang beredar . Ini dilakukan karena produk-produk tersebut mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh.
‘’Kami telah memerintahkan kepada BPOM di seluruh Indonesia untuk menarik ke-22 jenis obat dan makanan penambah suplemen pria itu,’’ kata Ketua BPOM Husniah Rubiana Thamrin di Gedung BPOM, Salemba, Jakarta, kemarin.

Husniah mengatakan, beberapa jamu tradisional mengandung tadafil dan sildenafil sitrat. ‘’Sildenafil ini sebenarnya untuk obat, kalau di pasaran namanya Viagra. Kalau tadafil adalah fialin,’’ jelasnya.
Husniah mengatakan, ke-22 obat dan jamu khusus pria itu ada yang sudah memiliki registrasi namun kemudian dibatalkan dan ada juga yang mencantumkan nomor registrasi fiktif.

Menurut Huznia, bahan kimia tersebut dapat menimbulkan risiko dan efek yang berbahaya. Seperti sakit kepala, pusing, mual nyeri perut, palpitasi (denyut jantung cepat), kehilangan potensi sex permanen, stroke, dispepsia, gangguan penglihatan, rinitis. ’’Bahkan bisa menyebabkan kematian,’’ tambah Huznia.
Kesemua produk ini didapatkan dari seluruh Indonesia. Untuk Jakarta, BPOM telah menyita 157.749 kotak obat kuat. Terhitung sejak kemarin, BPOM telah mencabut nomor izinnya.

Dari 22 item ini, lima di antaranya adalah obat tradisional import, 14 obat tradisional, 1 suplemen makanan impor, dan 2 suplemen makanan lokal. Merk ke-22 item produk tersebut antara lain:
BPOM juga meminta semua pihak, agar tidak mengkonsumsi produk-produk tersebut. Sementara bagi penjual obat kuat, jika tetap melanggar akan dikenakan denda Rp 2 miliar.

’’Produk ini melanggar undang-undang 23 tahun 1992 tentang kesehatan dan UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Pembuatnya diancam 5 tahun penjara atau denda Rp2 miliar,’’ kata Husniah.

Penarikan 22 obat kuat pria berbahaya itu dilakukan setelah diteliti hingga 13 November kemarin. Namun penarikan obat itu, baru dilakukan oleh 16 BPOM di seluruh Indonesia. Sisanya dari 33 provinsi akan menyusul.

’’Kita akan tarik terus, sampai benar-benar bersih dari tingkat retail sampai distributor,’’ katanya. Menindaklanjuti hal ini, Husniah juga berjanji akan memanggil dua pabrik farmasi dan 12 industri jamu. (jpnn/avi) (jpnn)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s