BKD Minta PTT Tak Tiru GTT

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang merasa dilemastis menyikapi tuntutan guru tidak tetap (GTT) yang meminta menjadi PNS. Karena aksi tersebut bisa memancing pegawai tidak tetap (PTT) di dinas lain untuk melakukan hal yang sama. Karena di dinas lain juga banyak PTT seperti GTT di diknas. Hal itu disampaikan oleh Kepala BKD Kabupaten Malang Tulus Hariyanto usai hearing dengan GTT di gedung dewan Jumat (14/11) lalu.

Menurut dia, pemkab harus bersikap adil. Jika GTT diangkat jadi PNS, maka PTT di dinas lain yang sudah lama bekerja juga harus diperlakukan sama. “Ini dilematis, maka dari itu pemkab tetap akan menggunakan aturan yang berlaku. Yakni, hanya mengangkat tenaga honorer yang telah masuk data base,” terangnya.

Ditambahkan, karena selama ini yang sering menuntut untuk diangkat PNS adalah GTT, maka seakan tidak ada PTT yang menuntut. Padahal, PTT di dinas lain itu juga punya keinginan yang sama. Namun, mereka tidak kompak seperti GTT yang bisa menggelar aksi bersama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwandi meminta para GTT juga memahami aturan yang ada. Bahwa pemkab secara jelas tidak bisa memberikan SK GTT kepada mereka itu. “Pak Bupati mengatakan mereka dulu tidak diangkat pemkab,” katanya. Untuk itu, upaya lain yang akan dilakukan diknas adalah memberikan bantuan tiap bulan bagi mereka yang selama ini belum ada.

Ketua Advokasi dan Hukum DPP Persatuan Guru Tidak Tetap Indonesia (PGTTI) Nurul Yakin mengatakan, sejatinya yang dituntut GTT tidak hanya soal PNS. Tetapi perhatian dari pemkab yang lebih baik. Karena, menurut dia, banyak GTT yang sadar kalau mereka sudah susah jadi PNS. “Tetapi kami berharap pemkab memberikan perhatian kepada mereka. Sebab, selama ini sangat kurang,” terang laki-laki yang juga ketua PGTTI Kota Malang ini.(lid/radarmalang)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s