Investor Jepang Segera Bangun Pasar Modern di Dau

Investor asal Jepang Valor Co. Ltd. yang beberapa waktu lalu meninjau lapangan Mulyoagung Kecamatan Dau, berminat segera membangun pasar modern supermarket khusus hortikultura di kawasan itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemerintah Kabupaten Malang Purnadi mengatakan Valor telah melakukan penjajagan ke Pemerintahan Daerah di Malang Raya. Menurut Purnadi, sementara ini mereka menilai Kecamatan Dau sebagai lokasi paling strategis. Pasalnya, Dau berada di zona yang amat menguntungkan perbatasan Kota Malang dan Kota Batu.

Disamping itu, kata Purnadi yang terpenting Kecamatan Dau juga steril dari pasar Tradisional. Bahkan imbuh Purnadi Valor Co. Ltd. telah menyiapkan dua aspek penting pengembangan Supermarket khusus bahan makanan sehari-hari dan hortikultura tersebut. Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Malang menyambut baik rencana investasi Valor atas dasar menguntungkan masyarakat.

“Saat ini Valor tengah menyiapkan konsep bangunan serta spek tanaman buah dan sayur. Spesifikasi itu nanti harus disiapkan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan,” ungkap dia.

Kata Purnadi, Lapangan Mulyoagung bakal dipakai dengan sistem sewa terbuka. Nantinya, Valor juga bakal mendidik orang tertentu ke Jepang untuk diserahi pengelolaan Supermarket di Indonesia nantinya. Selama ini sudah ada beberapa perusahaan sejenis yang berusaha masuk, Family market dan Seven 12 .
“Tapi mereka menjual barang seperti Indomaret dan lain-lain, kalau Valor ini membuka pasar khusus,” pungkas Purnadi.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar, Syakur Kullu menyambut baik hal itu. Menurut Syakur, Valor malah bisa mendukung rencana pengembangan Pasar Karangploso sebagai induk hortikultura di Kabupaten Malang. Kerjasama dengan valor diharapkan tidak membunuh pasar tradisional namun mampu meningkat ekonomi para petani lokal.(ary) (Ary Wicaksono/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s