Palsu Data, Debt Collector Kemplang Uang Koperasi

Mohammad Solihin, 21 tahun, warga Jalan Danau Tondano Raya, Sawojajar, Kedungkandang, sejak Jumat malam lalu meringkuk di sel Mapolsekta Kedungkandang. Dia ditahan atas tuduhan penggelapan uang Rp 47 juta, di tempat kerjanya Koperasi Kowabrid, Jalan Danau Tondano Raya Malang.

Selain tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 47 lembar kartu promis fiktif, selembar surat pengangkatan kerja atas nama Solihin, dan 5 buah buku angsuran dari Koperasi Kowabrid.

“Barang bukti tersebut semuanya kami amankan di tempat indekosan Solihin,” ungkap Kapolseta Kedungkandang, AKP Nurhadi. Penggelapan yang diduga dilakukan karyawan bagian kolektor ini, sebenarnya sudah terjadi sejak tiga bulan lalu. Modusnya, memanipulasi data nasabah dengan membubuhkan tandatangan palsu untuk mengajukan pinjaman ke koperasi tempat kerjanya.

Caranya, dengan mencatat identitas para nasabah, yang sudah lunas pinjaman. Lalu data nasabah yang sudah dia palsukan tersebut, oleh tersangka digunakan. Rata-rata pinjaman, antara Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta. “Saya lupa sudah berapa kali, tapi yang jelas sudah sering. Sedangkan uangnya, habis saya gunakan untuk membayar utang orangtua, serta mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari,” ujar Solihin.

Sementara, kasus M Solihin ini terungkap berawal dari kecurigaan pihak koperasi, yang sama sekali tidak menadapat setoran uang angsuran dari para nasabah. Dari kecurigaan itulah, pihak koperasi langsung meminta bagian analis untuk mengecek alamat nasabah yang sebelumnya diajukan Solihin, warga asal Banyuwangi ini. Begitu dicek, ternyata pemilik identitas asli merasa tidak mengajukan pinjaman uang. (agp/lyo) (agung priyo/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s