Pasar Karangploso Bakal Disulap Jadi Pasar Holtikultura

karangploso-pasarPemkab Malang berencana mengubah Pasar Karangploso sebagai pasar khusus komoditi Holtikultura. Hal itu guna mendukung rencana Pemerintah Pusat membangun jaringan pasar Holtikultura di Pulau Jawa. Rencananya, Pasar Karangploso bakal difungsikan sebagai pasar Induk Holtikultura di Jawa Timur, khususnya Malang Raya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar Ir. M. Syakur Kullu, MSi mengatakan Kabupaten Malang telah ditunjuk sebagai pasar penunjang komoditi Holtikultura di Pulau Jawa setelah Magelang.
Strategi jejaring holtikultura tersebut dilakukan untuk meningkatkan harga komoditi holtikultura di pasaran. Sehingga, para produsen (petani) memperoleh pendapatan yang tinggi dengan keberadaan pasar khusus holtikultura.

“Keberadaan pasar khusus ini bakal meningkatkan pendapatan petani,” ujar Syakur.
Syakur menggambarkan alur distribusi komoditi Holtikultura sekarang cenderung merugikan petani. Contoh sederhana, petani Dampit menjual sayur manisah pada tengkulak seharga Rp 40 Rupiah, lantas dijual di pasar Gadang Rp 75, ternyata konsumen Kota Malang membeli dengan harga Rp 100 rupiah.
Harga tersebut bisa didongkrak ketika petani langsung menjual komoditinya ke pasar khusus Holtikultura.
“Ke depan rencananya pasar Karangploso dikembangkan sebagai pasar penunjang holtikultura di Jawa. Sebagai pasar penunjang maka harus mampu menyediakan sayur mayur sebanyak 50 ton per hari,” imbuhnya.

Berstatus sebagai pasar penunjang di Jawa, maka Pasar Karangploso secara langsung berfungsi sebagai pasar induk holtikultura di tingkat lokal. Sehingga memerlukan keberadaan pasar penunjang holtikultura tingkat Kabupaten. Saat ini Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar masih mengkaji Pasar Poncokusumo, pasar Wajak dan pasar Tumpang sebagai pasar penunjang.

“Strategi pembangunan jejaring pasar Holtikultura ini untuk memenuhi 2 tujuan sekaligus, yakni memenuhi kebutuhan dalam negeri dan kebutuhan ekspor,” pungkas Syakur.(ary/eno)
(bagus ary/malangpost)

Iklan

2 Komentar

Filed under Kabupaten Malang

2 responses to “Pasar Karangploso Bakal Disulap Jadi Pasar Holtikultura

  1. Sebaiknya di jalan raya diberi spanduk pasar hortikultura agar wisatawan tahu dan dapat berbelanja di pasar hortikultura dan diiklankan di televisi terkenal

  2. febrik

    betul.. harus lebih agresif dalam promosinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s