PSG Tunggu Verifikasi Terakhir, Kelulusan 507 Guru Belum Jelas

Rasa penasaran sejumlah 507 dari 1.080 orang peserta sertifikasi guru Kota Malang 2008 belum berakhir. Hingga kemarin, kabar kelulusan mereka belum diputuskan. Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Universitas Negeri Malang masih dalam posisi menunggu hasil verifikasi terakhir yang dilakukan konsorsium sertifikasi guru tingkat pusat. “Konsorsium belum menurunkan nama-nama kepada kami. Karena itu, kami belum berani mengumumkan status kelulusan mereka,” ungkap Suparlan, Wakil Ketua PSG UM ketika dihubungi Radar kemarin.

Menurut Suparlan, hasil pembahasan nama-nama guru oleh konsorsium punya dua kemungkinan. Pertama adalah lulus portofolio murni yang bakal ditindaklanjuti dengan penerbitan sertifikat oleh PSG. Kemungkinan kedua ada nama yang didiskualifikasi karena tidak memenuhi persyaratan. “Siapa yang lulus dan siapa yang didiskualifikasi, kami belum tahu. Itu wewenang konsorsium,” ungkap Suparlan.

Apakah waktu pengumuman sudah dekat? Dosen PPKn ini mengaku tidak tahu. Sebab sama sekali belum ada pemberitahuan dari pusat. Kalau menilik rencana awal, November ini sudah kelar. Selain karena target, pemerintah pusat juga memikirkan soal tanggal turunnya tunjangan. Kalau ditetapkan 2008, maka 2009 para guru itu sudah memperoleh tambahan tunjangan profesi. “Kalau ditetapkan 2009, berarti 2010 tunjangan baru keluar. Itu sesuai aturan,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PSG UM beberapa waktu lalu hanya mengeluarkan pengumuman nama guru yang ikut diklat PLPG (pendidikan dan latihan profesi guru) 2008. Sejumlah 507 nama lainnya tidak muncul. Kalangan guru yang statusnya belum jelas pun bertanya-tanya. Sampai-sampai petugas Diknas Kota Malang kewalahan menanggapi kerisauan para guru tersebut.

Suparlan mengatakan, untuk peserta PLPG pun bukan berarti lulus 100 persen. Nantinya mereka ikut tes untuk menentukan kembali status kelulusan mereka. Kalau tidak lulus tes PLPG, masih ada dua kali kesempatan lagi. Kalau tetap tak lulus, maka PSG mengembalikan guru-guru tersebut ke diknas.

Di tempat terpisah, Diknas Kota Malang juga tak bisa menjawab kejelasan status 507 peserta sertifikasi 2008. Kabid Fungsional dan Ketenagaan Diknas Kota Malang Zubaidah meminta para guru sabar menunggu.

Sebab, kata dia, pihak PSG pasti akan mengumumkan kelulusannya dalam waktu dekat. Sesuai target sebelumnya, akhir 2008 nama-nama peserta yang lulus berikut sertifikatnya akan diterbitkan oleh Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik Tenaga Kependidikan Depdiknas. “Ya sabar. Kalau PSG saja belum tahu, kami juga lebih tidak tahu. Karena apa yang kami umumkan, sumbernya dari PSG,” ungkap mantan kabid PLS ini. (yos/lia/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s