PNS Segera Gunakan KPE (Kartu PNS Elektronik)

PNS Pemkab Malang antre proses pengambilan gambar diri dalam Kartu PNS Elektronik di pendopo Kabupaten Malang, kemarin. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)

PNS Pemkab Malang antre proses pengambilan gambar diri dalam Kartu PNS Elektronik di pendopo Kabupaten Malang, kemarin. (Bagus Ary Wicaksono/Malang Post)


Tahun 2009 mendatang, PNS Kabupaten Malang mulai memakai KPE (Kartu PNS Elektronik). Kartu yang berlaku bagi PNS se-Indonesia itu, berfungsi sebagai pengganti kartu ATM, dan kartu asuransi kesehatan (Askes). Proses pengambilan gambar diri telah dimulai untuk PNS dilingkungan Sekretariat Daerah Pemkab Malang, kemarin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemkab Malang Tulus Haryanto mengatakan program KPE merupakan keputusan dari BKN (Badan Kepegawaian Negara). Kata Tulus, melalui kerjasama dengan pihak Bank dan Kantor Asuransi, maka KPE bisa dipakai untuk mengambil gaji dan pembayaran Askes di Rumah Sakit.
“Ya hari ini mulai pemotretan PNS di lingkungan sini (Sekretariat Daerah), nantinya sekitar 17 ribu PNS se-Kabupaten juga akan menjalani pemotretan,” terang Tulus.

Mantan Kabag Tata Pemerintahan Desa itu menambahkan program pemotretan dijadwal hingga tanggal 6 Desember mendatang. Untuk PNS di luar Sekretariat Daerah, sesi pemotretan tersentral di tujuh kecamatan eks Kawedanan. Meliputi meliputi Kecamatan Bantur (eks Kawedanan Pagak), Ngantang (Eks Kawedanan Pujon), eks Kawedanan Turen, Wonosari (eks Kawedanan Kepanjen), Pakis (eks Kawedanan Tumpang), Eks Kawedanan Bululawang dan Lawang (eks Kawedanan Singosari).

“Pemotretan ini kerjasama antara BKN dengan PT Sucofindo, sehingga BKD hanya tinggal mengkoordinir PNS,” imbuh Tulus.

Pria ramah itu menambahkan, perubahan lain identitas pegawai melalui KPE adalah penambahan digit Nomor Induk Pegawai (NIP). Saat ini, jumlah digit NIP para PNS di lingkungan Kabupaten Malang sekitar 9 digit. Nantinya seiring pemakaian KPE bagi PNS se Indonesia maka NIP bertambah menjadi 18 digit.

“Pada NIP baru itu juga tertera tanggal tahun lahir, instansi dan TMT (Terhitung Mulai Tanggal) bekerja sebagai CPNS atau PNS. Januari tahun 2009 diperkirakan sudah mulai dipakai,” pungkasnya.(ary/eno)
(Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

3 Komentar

Filed under Kabupaten Malang

3 responses to “PNS Segera Gunakan KPE (Kartu PNS Elektronik)

  1. M. Nasir Yusuf

    Saya sangat gembira dengan kehadiran kartu pegawai electronik karena dapat meningkatkan disiplin dan kemudahan-kemudahan bagi PNS dalam mengakses data-data diri PNS. Khusus untuk Kabupaten Bireuen Pemotretan PNS untuk pembuatan KPE tahap I dengan kwota sebanyak lebih kurang 1496 PNS, dimulai pada hari Rabu tanggal 7 Oktober direncanakan selesai pada tanggal 15 Oktober 2009. Sampai pada hari ke empat Sabtu tanggal 10 Oktober 2009, jumlah PNS yang sudah dipotren dan disidik jari oleh staf PT. Sucofindo sebanyak lebih kurang 600 orang. Saya berharap, pihak BKN dan PT. Sucofindo akan menyelesaikan pembuatan KPE bagi 9500 PNS di Kabupaten Bireuen secara keseluruhan paling lambat akhir tahun 2010. Saya sangat mendukung kegiatan dimaksud. Terima untuk BKN Pusat dan PT. Sucofindo.

    wassalam,

    M. Nasir Yusuf, S.Sos
    Sekretaris Badan Kepagawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh.

  2. tolong kirimkan nomor nip baru saya, pns kesehatan kab.bireuen NAD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s