Usia Tak Penuhi Syarat, Ngotot Daftar CPNS

Hingga hari keempat pendaftaran CPNS kemarin masih banyak diwarnai pendaftar yang usianya sudah tidak memenuhi syarat yang ditentukan. (MUFLIKH FARID/MALANG POST)

Hingga hari keempat pendaftaran CPNS kemarin masih banyak diwarnai pendaftar yang usianya sudah tidak memenuhi syarat yang ditentukan. (MUFLIKH FARID/MALANG POST)


Pendaftar CPNS Kota Malang yang tidak memenuhi persyaratan usia ternyata masih banyak yang ndablek. Di hari ke-4 pendaftaran CPNS Kota Malang yang dipusatkan di Tareko kemarin masih dijumpai beberapa pendaftar yang usianya sudah tidak memenuhi persyaratan.

Dijelaskan Burhanuddin, Kepala BKD Kota Malang, untuk pendaftar yang belum memiliki masa pengabdian, usia maksimal adalah 35 tahun. Sedangkan pendaftar yang memiliki masa pengabdian, usia maksimal adalah 40 tahun. Namun karena terlalu ngotot ingin ikut pendaftaran CPNS, pendaftar yang tidak memenuhi kriteria usia ini pun berusaha menembus pendaftaran.

“Pendaftar yang tidak memenuhi kriteria usia pendaftaran setiap hari selalu ada. Prosentasenya memang tidak begitu besar. Kami tidak tahu kenapa masih ada saja pendaftar yang tidak memenuhi kriteria usia seperti yang sudah kami umumkan dalam persyaratan pendaftaran sebelumnya. Mungkin saja mereka memang sangat menginginkan menjadi PNS atau bagaimana. Kami sendiri tidak bisa mencegah keberadaan pendaftar yang usianya sudah tidak memenuhi kriteria ini,” kata Burhanuddin saat ditemui Malang Post di ruangannya, kemarin sore.

Karena sudah tidak memenuhi persyaratan, para pendaftar yang usinya melebihi ketentuan ini pun terpaksa tidak diterima oleh petugas pendaftaran. Pendaftar yang ditolak ini pun akhirnya banyak yang mengadu ke pos pengaduan. Terkait dengan pengaduan tentang usia, Burhanuddin tidak bisa meloloskan keinginan para pengadu. Pasalnya ketentuan usia sudah tidak bisa ditawar lagi.
“Bagaimanapun juga kami harus tetap kembali kepada ketentuan yang sudah dibuat sebelumnya. Kami mohon pengertian kepada para pendaftar untuk bisa menerima ini,” sambungnya.

Selain soal usia, Burhanuddin mengaku tidak ada lagi persoalan yang krusial yang diadukan oleh pendaftar di pos pengaduan. Aduan yang datang hanya seputar persoalan-persoalan formalitas pendaftaran. Sementara itu yang cukup mengejutkan, jumlah pendaftaran di hari ke-4 kemarin ternyata mengalami peningkatan dibanding hari ketiga, Sabtu (15/11) lalu. Padahal hari ke-4 jatuh pada hari Senin yang notabene merupakan hari pertama kerja di minggu ini. Total jumlah pendaftar sebanyak 1452 pendaftar. Rinciannya, tenaga teknis sebanyak 677 pendaftar, tenaga guru 580 pendaftar, dan tenaga kesehatan 195 pendaftar.(nda/lim)
(Adinda Zaeni/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s