Catur Tenggelam Diantara Yang Populer

catur3Apa sih enaknya bermain catur dan duduk berjam-jam sampe pantat panas ? Apa tidak membosankan ? Eits….Tunggu dulu ! Meski hanya duduk diam di belakang bidak catur, otak jalan terus cing ! Tidak sekedar jalan doang ! Tapi otak harus diperas untuk memenangkan strategi lawan bermain.
Jadi, nggak salah kalo catur disebut olah raga otak ! Karena lebih mengandalkan kemampuan otak ketimbang fisik.

Namun sayang seribu sayang, catur memang tidak se keren basket, cheersleader, futsal dan eskul lain di sekolah. Jadi, tidak heran kalo anggotanya sedikit ! Tapi jangan salah. Dari yang sedikit itu lah, banyak menelurkan prestasi di tiap sekolah.

Onny Heriawan contohnya. Teman kita dari SMKN 10 Tlogowaru ini merasa aneh dengan minimnya sekolah yang punya ekskul catur. Bahkan, siswa kelas 10 ini sempat kebingungan ketika SMP nya dulu tidak punya ekskul catur.

”Jadinya saya hanya bermain catur ketika malam di pos gardu kampung,” papar siswa yang pernah ikut Kejurda catur di Pamekasan ketika duduk di bangku SD. Kini setelah masuk di SMKN 10 Tlogowaru, ia seperti menemukan oase. Sebab bersama sekitar 30 siswa, Onny dapat menimba ilmu catur setiap Kamis di sekolahnya itu.

Berbeda dengan Onny, Faidh Maulana Ketua Osis SMKN 10 mengatakan banyak keluh kesah yang diungkapkan oleh teman-temannya. ”Umumnya mereka mengaku puisng dan tidak tertarik setelah masuk di ekskul itu,” papar siswa kelas 11 jurusan ototronik ini.

Ditambahkan Faidh, teman-temannya merasa tidak termotivasi karena kurang paham mengenai olah raga ini. ”Banyak yang bingung dengan istilah dan cara mainnya,” imbuhnya. Wah…..wah…! Berarti applaus dong buat pecinta catur ! Karena tidak mudah menggeluti olah raga otak ini !

Praktis, dari sembilan ekskul yang ada di SMKN 10, catur memang tergolong sepi peminat. Namun itu tidak menjadi penghalang bagi Sirojuddin untuk membina ekskul yang juga menjadi hobinya ini.

”Saya yakin, walaupun sedikit yang ikut tapi hasilnya akan optimal,” ujar pria yang sering menjadi Wasit Nasional di beberapa even Kejurda ataupun Kejurnas catur Indonesia ini.(mg1/eno) (Redaksi/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s