DAU Turun, Anggaran Pendidikan Ikut Turun

demo-moeAnggaran untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Malang tahun 2009 mendatang akan mengalami pemangkasan besar-besaran. Hal ini disebabkan adanya penurunan Dana Alokasi Umum (DAU) yang diberikan pusat untuk Kota Malang. Selain itu, karena adanya peningkatan pada pos belanja pegawai untuk tahun anggaran 2009.

Penurunan DAU untuk Kota Malang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap anggaran SKPD, mengingat total jumlah penurunan yang hanya Rp 3 miliar. Yang membuat anggaran SKPD terpaksa dipangkas besar-besaran justru karena adanya peningkatan anggaran belanja pegawai.

Anggota Komisi B, Sri Untari mengatakan, tahun 2009, berdasarkan instruksi pusat anggaran harus difokuskan untuk gaji pegawai, yakni membayar gaji 800 PNS baru dan membayar kenaikan gaji PNS sebesar 15 persen. Pembiayaan untuk pos ini bisa mencapai 70 persen dari APBD Kota Malang tahun 2009.

“Anggaran untuk gaji pegawai tahun 2009 mengalami peningkatan yang gila-gilaan. Bisa-bisa khusus untuk gaji pegawai ini menghabiskan 70 persen anggaran. Kalau sudah begini, tentunya akan berakibat penurunan anggaran hampir di seluruh SKPD yang ada di Kota Malang. Penurunan yang terlihat cukup besar di bidang pendidikan, yakni jika tahun lalu sebesar Rp 88 miliar sekarang menjadi Rp 51 miliar, kimpraswil dari Rp 111 miliar menjadi Rp 99 miliar dan Dinkes dari Rp 16 miliar menjadi 4 miliar,” papar Untari pada Malang Post, siang kemarin.

Sebenarnya kondisi seperti ini, lanjut Untari, tidak hanya dialami Kota Malang. Hampir seluruh daerah di Indonesia merasakan dampak adanya penurunan DAU dari pusat dan peningkatan gaji pegawai, termasuk adanya anggaran untuk gaji pegawai yang baru masuk tahun 2009 mendatang.

Anggota DPRD Kota Malang dari PDI Perjuangan ini menambahkan, satu-satunya solusi untuk menyelesaikan persoalan pemangkasan anggaran SKPD adalah dengan melihat Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA). SILPA sendiri baru diketahui pada 5 Desember mendatang. “Semua kegiatan SKPD akan berhenti per tanggal 5 Desember 2008. Dari sini nantinya akan kita ketahui berapa besar SILPA. Setelah itu pertengahan Desember, APBD 2009 baru bisa kita dok,” pungkasnya. (nda/udi)
(Adinda Zaeni/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s