Masyarakat Tak Merespon Uji Publik KPU

Masyarakat Kota Batu tidak terlalu merespon uji publik 20 calon anggota KPU Kota Batu yang telah lolos ujian tes beberapa waktu lalu. Sejak dibuka 14 November lalu, Tim Seleksi KPU Kota Batu baru menerima satu surat laporan masyarakat terhadap track record salah satu calon anggota KPU. Surat yang menggunkan identitas lengkap itu belum dapat disampaikan Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kota Batu.

Menurut Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kota Batu, Burhanul Arifin, surat atau laporan dari masyarakat akan dibuka dan dibahas dalam rapat pleno tim seleksi usai pelaksanaan uji publik selesai pada 21 November besok. Masa pelaksanaan uji publik di Kota Batu lebih lama satu hari daripada di Kota Malang yang hanya sampai 20 November.

“Surat dengan nama pengirim jelas diantarkan melalui Pos, tidak diantar sendiri yang bersangkutan. Kami masih menunggu laporan atau masukan dari masyarakat lainnya,” kata Burhan kepada Malang Post, kemarin.

Disinggung rendahnya respon masyarakat terhadap uji publik calon anggota KPU, Burhan tidak menampiknya. Padahal, tim seleksi telah mengumumkan secara luas melalui media massa bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi ujian tulis yang digelar beberapa waktu lalu.

Burhan berharap, menjelang akhir masa uji publik 20 orang calon anggota KPU, tim seleksi akan banyak mendapat laporan dan masukan dari masyarakat. Agar tim seleksi dapat memilih calon anggota KPU yang terbaik dari yang baik. “Jika ada laporan dari masyarakat akan dikonfirmasikan kepada yang bersangkutan, saat pelaksaan test wawancara yang akan dilaksanakan pada 22 November mendatang,” ungkapnya.

Konfirmasi itu akan menjadi materi tambahan dalam test wawancara yang akan dilakukan di kantor KPU Kota Batu, selain karya-karya ilmiah yang pernah dilakukannya selama ini.

Jika ada laporan yang tidak baik terhadap track record calon anggota KPU dan terbukti dalam konfirmasi kepada yang bersangkutan, tim seleksi tidak dapat melaporkan kepada pihak yang berwenang.
Kewenangan tim seleksi hanya melakukan pencoretan kepada calon anggota KPU yang bersangkutan. “Kalau dalam laporan calon yang bersangkutan tidak memenuhi persyaratan, kami hanya dapat melakukan pencoretan saja,” tandasnya. (aim/udi) (Muhaimin/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s