PT KAI Ganti Bantalan Rel

PT Kereta Api Indonesia melakukan penggantian batalan rel kereta api dari kayu menjadi beton. Proyek itu merupakan agenda dari Dinas Perhubungan Pusat dalam rangka peningkatan pelayan kepada masyarakat pengguna jasa kereta api (KA). Penggunaan bantalan beton tersebut diharapkan mampu mengefisienkan waktu, sebab masinis harus mengurangi kecepatan jika melewati jalur berbantalan kayu.

Wakil Kepala Stasiun Kota Malang, Bambang Dwi Minarso mengatakan, keuntungan penggunaan bantalan beton, selain lebih tahan lama juga dapat mengurangi goncangan saat kereta melaju kencang. ‘’Pada tahun ini, target pemasangan jalur Wonokerto-Pakisaji, sedangkan untuk tahun depan jalur Pakisaji-Talun,’’ ujarnya.

Untuk pemeliharaan dan perbaikan sistem pengerjaannya menggunakan window time, yaitu sistem yang jadwal perbaikannya disesuaikan dengan jadwal kereta api. Untuk jalur yang sedang mengalami perbaikan, kata Bambang, kereta bisa dialihkan ke jalur yang lain, sedangkan jika terpaksa harus dilewati maka masinis diinformasikan untuk melambatkan kereta yang dikemudikan. “Disinilah peran penting masinis untuk membantu kelancaran perbaikan dan menghindari kecelakaan,” tambahnya.

PT Kereta Api Indonesia, lanjut Bambang, akan berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan perbaikan sarana dan prasarana, apalagi kereta api disebut sebagai sarana angkutan paling aman.

Selain perbaikan sarana dan prasarana, juga bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menindak lanjuti aksi kriminal baik di dalam kereta maupun dari luar kereta. Aksi pelemparan menjadi permasalahan yang diseriusi pihak kereta api. Salah satu cara mengatasinya dengan menjaga daerah yang rawan pelemparan. Dari hasil penjagaan tersebut diketahui bahwa pelaku aksi pelemparan tersebut kebanyakan anak muda yang sekedar iseng.

Penempatan tim pengaman juga terbukti efektif untuk mencegah tindak kejahatan di stasiun kereta api. “Laporan kejahatan yang salah satunya adalah pencopetan sudah jarang kami temui, sejak dibentuknya tim keamanan,” tuturnya. (mp2/udi) (Redaksi/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s