Ruangan Rokok Pemkab di Lantai II

Pelaksanaan kawasan bebas rokok di Kabupaten Malang mulai direalisasikan. Di lingkungan kantor pemkab, kini disediakan ruangan ukuran 3 x 10 meter. Lokasinya berada di depan aula pertemuan Singhasari lantai II. Ditargetkan akhir Desember pembangunan kawasan bebas rokok yang dibuat dinas lingkungan hidup itu sudah selesai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Subandiah mengatakan, pembangunan kawasan bebas rokok yang dikerjakan dinasnya ada di tiga lokasi. Yakni, di kantor pemkab, kantor DPRD, dan RSUD Kanjuruhan. Per lokasi kawasan bebas rokok membutuhkan anggaran sekitar Rp 95 juta.

Subandiah mengatakan, untuk ruangan bebas rokok di pemkab dan RSUD Kanjuruhan, masyarakat atau pegawai yang ingin merokok akan dimanjakan. Karena di dalam ruangan itu dilengkapi fasilitas AC, televisi serta kursi sofa yang tahan api. Fasilitas ini diberikan agar perokok merasa nyaman.

Sedangkan ruangan khusus rokok di gedung dewan dibuatkan ruangan kaca. Desainnya memang berbeda dengan dua ruang khusus rokok di pemkab dan RSUD Kanjuruhan. Karena dalam ruangan tersebut tetap bisa digunakan untuk aktivitas anggota dewan. Misalnya saat sidang paripurna, anggota dewan tetap bisa mengikuti sidang. Di tempat tersebut juga dilengkapi pengeras suara jika ada angota dewan yang ingin menyampaikan pendapat dalam sidang.

Setelah pembangunan tersebut usai, kata Subandiah, pihaknya akan mengajukan kepada Bupati Malang Sujud Pribadi untuk pembuatan SK. Aturan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak merokok di tempat umum.

Subandiah juga mengusulkan adanya perda larangan merokok di kawasan umum. Sehingga nantinya akan ada sanksi bagi masyarakat yang melanggar. “Aturan itu diupayakan bisa berlaku 2010 mendatang,” kata mantan kadis pengairan ini. (gus/ziz/radarmalang)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang, Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s