40 Calon Anggota KPU Ikuti Test Psikologi

Calon anggota KPU dari Kota Malang dan Batu mengikuti Tes Psikologi di geudng Pasca Sarjana UMM kemarin (Lailatul Rosida/Malang Post)

Calon anggota KPU dari Kota Malang dan Batu mengikuti Tes Psikologi di geudng Pasca Sarjana UMM kemarin (Lailatul Rosida/Malang Post)


Sebanyak 40 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengikuti tes psikologi di Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Masing-masing 20 orang dari KPU Kota Malang dan 20 orang dari KPU Kota Batu. Hasil dari tes ini diharapkan bisa menjadi rekomendasi untuk memilih calon anggota KPU yang capable.

Menurut Staf Pusat Layanan Psikologi Pascasarjana UMM Fitri Istanti M.Psi tes psikologi ini hanyalah alat untuk mengukur kompetensi para calon.

“Hasil tes ini merupakan peta kompetensi masing-masing calon, karena kami akan memberikan masukan kepada tim seleksi mana calon yang diusulkan diterima dan mana yang tidak. Tentu saja ini hanya sebatas usulan, keputusannya tetap ada pada tim seleksi,” ungkap Fitri.

Ada beberapa unsur penilaian yang akan menjadi poin dalam tes ini, yaitu penilaian intelektual, sikap kerja, kepribadian dan leadership. Ada standar minimal yang menjadi tolak ukur penentuan mana saja yang dianggap layak dan tidak untuk menjadi anggota KPU. Penentuan tersebut disesuaikan dengan job deksription yang harus diemban seorang anggota KPU. “Hasil tes ini diharapkan memberikan info seakurat mungkin tentang profil individu,” tegasnya.

Psikotes kemarin digelar sejak pukul 08.00 WIB. Ujian terdiri dari ujian tulis dan wawancara. Pada sesi wawancara ada dua pihak yang menjadi penanya, yaitu dari tim dosen Psikologi UMM dan dari KPU sebagai usernya. Suasana tes pun berlangsung cukup tertib, ada dua ruangan yang dipakai dalam pelaksanaan. Yaitu satu ruangan untuk calon anggota KPU Kota Malang dan ruangan lainnya untuk calon anggota KPU Batu. (oci/udi) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s