Batu Segera Bentuk BUMD

Pemkot Batu segera membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memayungi sejumlah sektor layanan dan potensi di Kota Batu. BUMD yang akan dibentuk 2009 mendatang itu sekaligus membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga Batu.

Wali kota Batu Eddy Rumpoko, kemarin mengatakan BUMD itu akan menangani pengelolaan bidang wisata, PDAM, perumahan dan berbagai sektor lainnya. “BUMD ini untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dan pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat Kota Batu. Kami menginginkan agar mayarakat Batu diberdayakan,” kata Eddy.

Lantas berapa banyak tenaga kerja yang akan ditampung oleh BUMD yang digagas itu? Menurut Eddy, jumlah riil tenaga kerja yang akan ditampung akan ketahui bila sudah dikaji.

Saat ini kajian untuk membentuk BUMD mulai dilakukan. Diantaranya yang dikaji oleh Bapeko. “Saya sudah perintahkan untuk studi kelayakan tentang pembentukan BUMD,” tandasnya.

Selain itu, dia juga telah meminta untuk menyiapkan ranperda tentang pembentukan BUMD. Ranperda yang menjadi payung hukum untuk BUMD itu akan dibahas di Bagian Hukum, selanjutnya disampaikan ke dewan. Perda tentang BUMD sangat penting karena menjadi dasar hukumnya.

Sedangkan bentuk dan operasional BUMD yang akan dibentuk tahun depan itu juga segera dikaji. Konsultasi dengan Pemprov Jatim juga menjadi salah satu langkah untuk membentuk BUMD itu. (van/eno)
(Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s