Polda Minta Saksi Kaji Melapor Jika Diteror

pilkada-jatimPolda Jatim belum menerima laporan terkait dengan 21 saksi Kaji yang memberikan kesaksian di Mahkamah Konstitusi terkait dengan sengketa Pilgub Putaran II. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Pudji Astuti menyatakan belum mengetahui perihal ketakutannya 21 saksi hingga takut pulang ke rumahnya.

“Belum tahu kenapa mereka takut dan tidak ada laporan yang masuk,” ujar Pudji saat ditemui di Mapolda Jatim Jalan A Yani Surabaya, Kamis (20/11) kemarin.

Puji juga menghimbau agar para saksi tersebut melaporkan kepada kepolisian terdekat agar ditindaklanjuti dan diberikan pengamanan jika diperlukan. “Secara mekanisme, para saksi yang diteror tersebut harusnya melapor. Selanjutnya kita akan menindaklanjuti, termasuk memberikan pengamanan jika diperlukan,” imbuhnya.

Secra terpisah, menghadapi sidang lanjutan gugatan pasangan Khofifah-Mudjiono (KaJi) di Mahkaman Konstitusi pada Jumat (21/11) hari ini, KPU Jatim telah menyiapkan sejumlah bukti dan saksi. Setidaknya, KPU telah menyiapkan 50 bukti dan 80 saksi yang bersangkutan langsung dengan gugatan KaJi.

Kuasa Hukum KPU Jatim, Fahmi Bachmid mengatakan, bukti dan saksi-saksi yang disiapkan merupakan bukti dan saksi yang terkait langsung dengan proses penghitungan suara di 25 kabupaten/kota yang dipersoalkan KaJi, mulai dari tingkat PPS sampai KPU kabupaten/kota.”Kami sudah menyiapkan semua, sudah siap berikan jawaban di depan panel hakim,” kata Fahmi.

Fahmi juga kembali menegaskan, yang dipersoalkan KaJi di 25 kabupaten/kota itu, tidak jelas. Sebab, data yang digunakan KaJi mengenai selisih suara antara KaJi dan KarSa tidak jelas acuannya. “Kami sebetulnya masih belum jelas apa yang dimasalahkan. Acuannya selisih suara itu dari mana,” urainya.
Sebelumnya, dalam sidang MK yang digelar Rabu (19/11), pihak termohon yakni KPU Jatim melalui pengacaranya, Fahmi Bachmid, meminta MK tidak mengabulkan permohonan KaJi. Sebab permohonan KaJi tidak berdasarkan alat bukti, apalagi penghitungan suara dilakukan oleh pemohon sendiri. (jpnn/udi) (JPNN)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s