Polinema Terima ISO 9001/2000

Direktur Polinema Budi Tjahjono (kiri) bersalaman dengan peserta training dari PT Schneider dan kerjasama bagian lab uji kompetensi mahasiswa kelistrikan. (LAILATUL ROSIDA/MALANG POST)

Direktur Polinema Budi Tjahjono (kiri) bersalaman dengan peserta training dari PT Schneider dan kerjasama bagian lab uji kompetensi mahasiswa kelistrikan. (LAILATUL ROSIDA/MALANG POST)

Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjadi pelopor bagi perguruan tinggi negeri (PTN) di Malang sebagai penerima ISO 9001:2000. Khusus di lingkungan politeknik, merupakan penerima ISO ketiga setelah Bandung dan Manado. Status ISO ini ke depan diharapkan menjadi modal awal bagi Polinema untuk mempercepat proses akreditasi institusi.

“Rekomendasi untuk menerima ISO sudah kami dapatkan. Dan ISO ini tidak hanya berlaku untuk bagian saja. Akan tetapi seluruh unit kerja yang ada sudah berstandar ISO,” ungkap Direktur Polinema, Budi Tjahjono kepada Malang Post.

Ditegaskannya, pengakuan ISO ini menunjukkan bahwa semua unit yang ada sudah diakui secara internasional. Karena itu ada tuntutan untuk terus memberikan pelayanan terbaik dari tahun ke tahun. Dengan poin utama penilaian yaitu pada mutu lulusan Polinema. Hal ini berhubungan juga dengan target Polinema untuk mewujudkan perguruan tinggi vokasi yang bisa mencetak lulusan dengan waktu tunggu paling lama enam bulan setelah lulus. Termasuk juga banyaknya sertifikat kompetensi yang bisa diberikan sebagai bekal mahasiswa. Semakin banyak sertifikat dimiliki, maka semakin cepat pula penetrasi lulusan ke dunia kerja.

Kesiapan dokumen yang sudah tertata ini kata dia menunjukkan bahwa Polinema juga siap melangkah sebagai Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (PTBLU) atau PT Badan Hukum Pendidikan (BHP). Ke depan, setelah penataan managemen mutu sudah mantap, diharapkan laboratorium yang ada pun bisa disertifikasi secara internasional.

“Komitmen untuk terus melakukan perbaikan mutu sehingga mutu terjamin, semua bekerja dengan standar yang baik. Tantangan Polinema sekarang adalah untuk terus meningkatkan standar mutu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KJM) Polinema, Ir Prayitno menuturkan ISO ini bisa diraih karena seluruh civitas terlibat aktif. Dan iklim kondusif yang tercipta membuat pemberi sertifikat internasional memberikan prestasi besar ini untuk Polinema. Untuk sertifikasi ISO ini, Polinema juga menggandeng konsultan dari Surabaya yaitu AIMS. Juga Asosiasi Politeknik Indonesia (ASPI), dan Nuffic Belanda. (oci/lim) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Malang, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s